Sukses

Penyakit Asam Urat Kambuh

09 Jan 2015, 16:27 WIB
Pria, 40 tahun.

Sore didok.saya penderita asam urat penyakit asam urat saya lama tidak kambuh. Kurag lebih dua minggu yang lalu asam urat saya kambuh tepatnya dijari tangan kanan saya pas nya ditelunjuk dan ada benjolan seprti penngapuran diatas telunjuk sampai saat ini bejolanya masih ada. Sampai sekarang pindah kepegelagan tagan dan nyri yg hebat samapi saat ini tak kunjung sembuh..

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Gout atau bahasa awamnya adalah “asam urat”, merupakan suatu kondisi dimana tubuh tidak dapat mengontrol kadar asam urat, sehingga kristal asam urat yang berlebihan akan menumpuk di jaringan tubuh. Gout ditandai dengan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh dan menyebabkan inflamasi (radang) pada persendian (artritis).  Gout kronik (jangka panjang) dapat menyebabkan penumpukan asam urat didalam dan sekitar persendian, menurunkan fungsi ginjal dan membentuk batu ginjal.

Gejala awal dari artritis gout adalah panas, kemerahan dan pembengkakan pada sendi. Persendian yang sering terkena adalah persendian kecil pada dasar dari ibu jari kaki. Beberapa sendi lain yang dapat terkena ialah pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku. Pada serangan akut penderita gout dapat menimbulkan gejala demam dan nyeri hebat yang biasanya bertahan berjam-jam sampai seharian, dengan atau tanpa pengobatan. Seiring berjalannya waktu serangan artritis gout akan timbul lebih sering dan lebih lama.

Pasien dengan gout meningkatkan kemungkinan terbentuknya batu ginjal. Kristal-kristal asam urat dapat membentuk tophi (benjolan keras tidak nyeri disekitar sendi) di luar persendian. Tophi sering ditemukan di sekitar jari tangan, di ujung siku dan sekitar ibu jari kaki, selain itu dapat ditemukan juga  pada daun telinga, tendon achiles (daerah belakang pergelangan kaki) dan pita suara (sangat jarang terjadi). Kemungkinan benjolan inilah yang Anda alami. 

Kemudian bagaimana cara mengatasinya? Gejala-gejala dalam 24 jam biasanya akan hilang setelah mulai pengobatan.  Gout secara umum diobati dengan obat anti inflamasi. Yang termasuk didalamnya adalah:

  • NSAIDs, seperti ibuprofen atau naproxen, secara umum diberikan untuk mengobati serangan berat dan mendadak, obat ini bisasanya menurunkan peradangan dan nyeri dalam beberapa jam
  • Kortikosteroid, dapat diberikan pada orang yang tidak dapat menggunakan NSAIDs
  • Steroid bekerja menurunkan peradangan. Steroid dapat di suntik (injeksi) langsung pada sendi yang terkena atau diminum dalam bentuk pil
  • Colchicine sering juga digunakan untuk mengobati peradangan pada penyakit gout
  • Allupurinol dapat menurunkan kadar asam urat dengan cara menekan produksi asam urat. Obat ini bekerja pada metabolisme asam urat dengan mencegah perubahan zat purine dalam makanan menjadi asam urat. Pengobatan ini tidak dianjurkan untuk orang dengan fungsi ginjal yang kurang, selain itu dapat menimbulkan efek samping seperti kemerahan dan kerusakan hati.

Apakah saat ini Anda mengonsumsi obat-obatan seperti di atas?

Tata laksana gout lainnya adalah dengan Arthrocentesis, yang merupakan merupakan prosedur umum yang dilakukan dengan anestesi lokal.  Dengan menggunakan teknik yang steril, cairan diambil dari sendi yang meradang  menggunakan suntikan dan jarum. Selain itu gout juga dapat di diagnosis dengan menemukan kristal asam urat dari benjolan tophi. Kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan, serta penanganan optimal terhadap gout Anda.

 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar