Sukses

Batuk Kering Dan Gatal Di Tenggorokan

01 Jul 2015, 14:31 WIB
Pria, 26 tahun.

Siang dok, Saya ingin bertanya tentang batuk kering dan gatal di tenggorokan. Sudah dua minggu saya mengalami batuk kering dan gatal di tenggorokan. Minggu pertama batuk saya disertai flu dan demam tinggi, pemeriksaan darah menunjukan jumlah leukosit dalam darah tinggi. Pemeriksaan rongga mulut menunjukan adanya radang tenggorokan. Dokter memberikan saya ambroxol dengan dosis 3X1, setelah obat habis diminum batuk tidak juga sembuh, saya lalu melakukan konsultasi sama apoteker dan di berikan actifed warna merah dengan dosis 3x1 juga, tapi hasilnya tetap nihil. Skrg saat menelan ludah tenggorokan saya terasa sakit. Dada saya terasa sesak dan rongga perut saya terasa sakit setiap kali saya batuk. Saya di papua dan ditempat saya bertugas skrg tidak ada dokter spesialis THT. Yang ingin saya tanyakan Kira-kira jenis obat apa yang paling tepat untuk mengobati batuk saya? Apakah batuk saya merupakan gejala awal dari penyakit lain yang lebih berbahaya.? Sekian dan terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Perlu diketahui untuk menegakkan suatu diagnosa dibuthkan juga pemeriksaan fisik dan penunjang untuk mengkonfirmasi gejala yang Anda keluhkan.

Namun dari keluhan yang anda sampaikan, kami menduga anda mengalami radang tenggorokkan atau yang disebut dengan faringitis.

Penyebab infeksi dan radang tenggorokan paling banyak adalah virus (sekitar 40-60%) dan sekitar 15% disebabkan oleh bakteri streptococcus beta hemolyticus, streptococcus viridians, dan streptococcus pyogenes. Selain itu, radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh jamur.

Namun perlu diketahui bahwa radang tenggorokan tidak selalu disebabkan oleh infeksi. Keadaan ini juga dapat disebabkan oleh alergi, atau iritan seperti polutan, asap rokok, dan substansi kimia lain. Gejala faringitis sangat bervariasi, bergantung pada penyebabnya. Saat sedang sakit, batasi jenis makanan yang dapat merangsang batuk seperti es dan makanan goreng-goreng. Untuk pengobatan silahkan anda periksakan diri ke dokter sehingga mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda. Bila lebih dari 1 minggu belum perbaikan, dapat diberikan antibiotika sebagai terapinya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar