Sukses

Sulit Menahan Kantuk Di Malam Hari

01 Jul 2015, 08:11 WIB
Pria, 25 tahun.

hi, dok. Belakangan ini saya bermasalah dengan tidur. Biasanya meskipun mengantuk, saya bisa menahan dengan merokok atau melakukan aktivitas. Hal itu saya anggap normal dengan kegiatan harian saya yang biasanya tidur pagi dan bangun sore. Tapi belakangan tiap malam saya tiba-tiba mengantuk. Biasanya saya dapat menahan kantuk dengan merokok atau kopi, tapi mengantuk yang saya maksud mengantuk hebat, dan itu datang tiba-tiba dan saya terpaksa harus tidur. Saat mengantuk kepala saya tiba-tiba terasa berat, mata saya sangat ingin terpejam. 1-2jam kemudian saat bangun baru saya bisa merasa fit kembali. Kalo boleh tahu kira2 itu gejala apa, dok? Oh ya, sebelumnya saat saya diterima di perusahaan ketika tes kesehatan ada catatan kolesterol. Itu 2 tahun lalu. Sampai saat ini saya belum pernah melakukan tes kesehatan lagi. Terima kasih sebelumnya.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Umumnya pola tidur manusia yang baik adalah mengikuti jam biologis tubuh, yaitu beristirahat dimalam hari, dan beraktivitas di pagi hingga sore hari. Kondisi ini disebut sebagai irama sirkardian.

Lantas, apa yang menjadi alasan anda memiliki pola tidur yang terbalik dari irama tidur pada normalnya? Apakah berhubungan dengan pekerjaan?

Irama sirkadian akan mengatur waktu tidur dan bangun, produksi urin, termoregulasi,  sistim endokrin, dan perubahan tekanan darah. Petanda di dalam tubuh mamalia untuk irama sirkadian adalah sekresi melatonin dan temperatur inti tubuh.

Berdasarkan waktu sirkadian, kondisi mengantuk tidak akan semakin meningkat setelah lewat dari waktunya. Keinginan dan kemampuan seseorang untuk jatuh tertidur dipengaruhi oleh rentang waktu sejak orang tersebut bangun dari tidur yang adekuar dan dari ritme internal sirkadian. Karena itulah tubuh mampu untuk jatuh tertidur dan tetap terbangun pada waktu yang berbeda setiap harinya.

Seseorang dengan irama sirkadian normal akan mampu untuk bangun di pagi hari pada waktu yang sama bila mereka mau, tidur di malam hari secukupnya, dan menyesuaikan diri dengan pola tidur sesuai kebutuhan.

Akan lebih baik jika anda mengikuti pola irama sirkardian yang demikian, sehingga anda tidak perlu menahan kantuk dimalam hari dengan rutin mengkonsumsi kopi atau merokok yang justru menyebabkan dampak yang negatif bagi kesehatan anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar