Sukses

Kuku Bengkak Dan Berair

01 Jul 2015, 08:17 WIB
Pria, 16 tahun.

Dok saya mau tanya, beberapa waktu lalu saya mengalami kecelakaan, dan kuku kaki kiri bagian jempol saya terkelupas semua. sya berusaha menyatukannya kembali dengan cara memberikan betadine dan perban. sekarang jempol kaki saya kenapa aga bengkak dan berair terus ya dok. gimanah cara mengatasinya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Jika saat ini yang Anda keluhkan adalah kuku bengkak dan berair, maka ini Bisa terjadi akibat adanya infeksi pada kulit disekitar kuku tersebut.

Untuk itu, sebaiknya Anda kembali memeriksakan diri dan menyingkirkan adanya faktor resiko penyakit lain yang membuat penyembuhan kuku tidak baik dan infeksi yang berkelanjutan pada kuku tersebut.

Beberapa tips pencegahan yang dapat Anda lakukan adalah:

  1. Gunakan alas kaki yang melindungi dan nyaman.
  2. Jangan memakai sepatu yang terlalu sempit ukurannya atau yang ujungnya terlau sempit.
  3. Jangan berlebihan menggunting kuku tangan maupun kaki. Sebaiknya kuku digunting tidak terlalu dalam, dan jangan sampai terlalu melengkung. Akan lebih baik jika kuku digunting mendatar.
  4. Jangan biarkan kuku terlalu pendek ataupun terlalu panjang. Rawatlah kuku dengan baik dan pastikan panjangnya normal dan cukup melindungi.
  5. Bersihkan kaki secara rutin, dan jagalah senantiasa kering. Jika bekerja di daerah yang mengharuskan kaki atau tangan menjadi basah, gunakanlah alat pelindung, misalkan: sarung tangan atau sepatu bot pada pekerja cuci.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar