Sukses

HIdung Tersumbat dan Nafas Grok-grok Pada Bayi

01 Jul 2015, 08:21 WIB
Wanita, 36 tahun.

anak saya umur 3 bln dok,dari umur 1 mnggu hidung tersumbat,,sudah di bawa ke doker tapi hasilnya tetap sama,,sampai skrang hidung tersumbat dan nfas yg grok grok msih ada,,bahayakah dan apa solusinya dok..trimkasih..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Bunyi "grok" yang berasal dari saluran nafas bayi dapat menunjukkan adanya cairan atau lendir pada paru-pari bayi. Paru-paru memang juga menghasilkan lendir. Bunyi muncul karena produksi lendir meningkat padahal belum bisa mengeluarkannya sendiri, karena refleks batuknya belum bekerja dengan baik.

Produksi lendir meningkat pada umumnya dialami oleh bayi yang memiliki bakat alergi dimana produksi meningkat karena terpapar oleh alergen. Hiudng tersumbat bisa menjadi salah satu gejala dari alergi ini.

Penyebab lain adalah bayi mengalami infeksi virus influenza. Namun, sebetulnya jika napas yang berbunyi tersebut tidak disertai tanda infeksi seperti demam, tidak mengganggu aktivitas bayi sehari-hari, dan tidak menganggu proses menyusui, keadaan ini tidak perlu dikhawatirkan. Anda dapat mencoba memiringkan posisi tubuh anak ke kanan untuk mengurangi bunyi yang ada. Selain itu Anda dapat membawa bayi Anda jalan di pagi hari antara pukul 6 - 8 pagi.

Apakah bayi Anda konsumsi susu formula? Karena ada kemungkinan bunyi "grok" tersebut merupakan reaksi dari alergi susu formula yang mengandung protein sapi. Jika bunyi "grok" berlanjut, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak. Kemungkinan yang lain dari adanya bunyi "grok" adalah adanya kelemahan pada trakea yang merupakan saluran pernafasan. Namun, seiring dengan pertambahan usia bayi Anda maka trakea akan menguat dan bunyi "grok" akan menghilang.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar