Sukses

Pengobatan Chikungunya

30 Jun 2015, 18:36 WIB
Pria, 45 tahun.

saya sering pergi ke daerah terpencil di kalimantan untuk berburu, kemaren di perkampungan situ saya ada menemui orang yang sakit, kemudian saya bawa beliau kedokter ketika mau pulang kata dokter nya itu orang kena penyakit CIKUNGUNYA sebab gigitan nyamuk trus karena waktu tak sempat, saya tak bisa nanya banyak. saya cuma pengen tau apa ciri orang kena penyakit itu? trus obat tradisional yang bisa dipakai apa ? kalau obat tablet nya yang bisa dirokomendasikan/resep obat buat orang yang kena tapi jauh dari dokter seperti mereka apa ? kemungkinan saya ke sana lagi, jadi kalau ada resep nya, saya bisa carikan di kota buat mereka sebelum dan sesudah nya saya ucapkan terima kasih buat dokter semua nya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Demam chikungunya adalah penyakit virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk (aedes sp) yang terinfeksi. Penyakit ini digambarkan sebagai demam dengue yang mempunyai karakteristik nyeri persendian yang hebat dan kadang terus menerus (artritis) dan diikuti demam dan kemerahan pada kulit. Penyakit ini jarang mengancam jiwa, namun bisa menyerang siapa saja. 

Gejala klinis yang timbul mirip dengan demam dengue yaitu demam, sakit kepala, meriang, mual ,   lemah, muntah, nyeri sendi dan bercak kemerahan  pada kulit. Yang membedakan gejala penyakit ini dengan demam dengue adalah nyeri di persendian yang hebat dan kadang  terus menerus sehingga tangan dan kaki sulit digerakkan. Seringkali pada anak tidak timbul gejala apapun.

Tidak ada pengobatan yang spesifik untuk demam chikungunya.  Secara umum pengobatan yang dapat dilakukan bersifat suportif dengan hanya mengurangi gejala demam dengan antipiretik, non-steroid anti-inflamasi drugs (NSAID) untuk mengurangi nyeri pada sendi dan banyak istirahat dan meningkatkan asupan gizi dapat mempercepat kesembuhan. Bila curiga terkena penyakit ini segera cari pertolongan (laporkan) ke puskesmas, klinik dokter keluarga, dokter terdekat.

Pencegahan

Tidak ada vaksin untuk melawan infeksi dari virus ini. Pencegahan sangat bergantung dari cara kita menghindari gigitan nyamuk dan mengontrol sarang nyamuk.

  • Tips untuk menghidari gigitan nyamuk
  • Gunakan baju dan celana yang menutupi seluruh lengan dan tungkai.
  • Gunakan obat anti nyamuk
  • Penggunaan kelambu
  • Tips untuk mengurangi sarang nyamuk

Sama dengan pemberantasan sarang nyamuk Aedes pada penyakit demam berdarah

  • Kuras tempat penyimpanan air (bak mandi, drum, dll) seminggu sekali
  • Tutup tempat penympanan air
  • Ganti air dalam vas bunga dan pot tanaman
  • Kubur sampah yang bisa menampung air
  • Untuk tempat-tempat air yang tidak mungkin atau sulit dikuras, taburkan bubuk Abate ke dalam genangan air tersebut untuk membunuh jentik-jentik nyamuk. Ulangi hal ini setiap 2-3 bulan sekali atau peliharalah ikan ditempat itu.
  • Takaran penggunaan bubuk Abate adalah sebagai berikut : untuk 10 liter air cukup dengan 1 gram bubuk Abate atau 10 gram untuk 100 liter dan seterusnya. Bila tidak ada alat untuk menakar, gunakan sendok makan. Satu sendok makan peres (yang diratakan diatasnya) berisi 10 gram Abate. Anda tinggal membaginya atau menambahnya sesuai dengan banyaknya air yang akan diabatisasi. Takaran tak perlu tepat betul.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar