Sukses

Jarak Ideal Usia Pasangan

30 Jun 2015, 18:47 WIB
Wanita, 20 tahun.

Saya usia 20 thn, pria saya usia 28 tahun. Menurut dokter baik atau tdk jarak usia seperti itu? Jelaskan! Trims yah dok .. baiknya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada umumnya tidak ada batasan khusus jarak usia ideal untuk pasangan yang akan menikah, terlebih lagi di Indonesia.

Namun, Sebuah studi yang dilakukan pada kaum Sami di Finlandia menemukan fakta bahwa para pria di sana harus menikahi wanita yang 15 tahun lebih muda. Sedangkan studi lain yang dilakukan di Swedia menemukan bahwa usia reproduksi yang ideal adalah saat usia pria 6 tahun lebih tua daripada usia pasangan wanitanya. Hal ini dilakukan tidak lain untuk meningkatkan jumlah anak hidup yang dapat bertahan hingga usia 18 tahun.

Usia ibu merupakan faktor utama yang sangat berpengaruh pada jumlah anak hidup yang dapat dimiliki. Semakin muda usia ibu, maka dapat semakin sehat anak yang dilahirkan. Akan tetapi, apabila ditinjau dari faktor psikologis ibu, maka usia ibu yang paling ideal untuk memiliki anak adalah sekitar usia 25 tahun.

Dan lebih menariknya lagi, saat pria lanjut usia memiliki seorang anak, gen-gen yang diturunkan sang ayah dapat memperpanjang usia anak pada generasi-generasi berikutnya, baik kepada anak laki-laki maupun anak perempuan.

Kami sertakan juga artikel menarik yang dapat anda baca;

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar