Sukses

Bahayakah Rahang Beerbunyi Ketika Menguap ?

02 Jan 2015, 10:14 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok saya mau tanya. Saya kalo menguap atau membuka mulut lebar rahang saya selalu bunyi ! Apakah itu berbahaya bagi kesehatan rahang mulut saya dok bagaibmna solusinya ?

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami dan memahami kekhawatiran Anda. Berdasarkan keluhan yang Anda paparkan maka keadaan ini dapat diarahkan pada kelainan sendi rahang. Supaya Anda lebih mudah membayangkan pergerakan sendi rahang, silakan lihat gambar berikut.

Sumber:www.chiro.org/rc_schafer/tmj_anatomy.gif&imgrefurl

Kepala sendi rahang bawah (dalam bahasa kedokteran disebutcondyle) berada di dalam cekungan yang terdapat di tulang tengkorak, cekungan tersebut disebut fossa glenoid. Untuk melakukan gerakan normal, condyle dapat melakukan gerakan didalam fossa namun gerakan tersebut dibatasi oleh ligamen-ligamen dan otot-otot yang melekat pada tulang rahang. Pergerakan sendi rahang adalah hal yang kompleks, di mana melibatkan bantalan (discus) di antara condyle dan fossa.

Bila Anda membuka mulut, yang terjadi adalah seperti gambar di bawah ini, di mana condyle meluncur dan berotasi ke arah depan.

sumber:www.drclaytonchan.com/images/tmj

Bila terdengar bunyi klik di saat Anda buka/tutup mulut dan saat menguap, banyak kemungkinan yang mungkin terjadi dan membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengusut penyebabnya. Salah satu kemungkinan adalah bantalan sendi mengalami keausan, mungkin disebabkan karena kebiasaan buruk seperti terbiasa mengunyah satu sisi sehingga sisi tersebut bekerja lebih berat, atau adanya kelainan susunan gigi yang menyebabkan adanya kontak prematur antara gigi atas dan bawah di salah satu sisi, atau terbiasa menopang dagu satu sisi, dan masih ada kemungkinan penyebab yang lain.

Saya sarankan Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi spesialis Prosthodonti di rumah sakit, agar dapat dilakukan pemeriksaan secara seksama karena bila ternyata memang terdapat kelainan atau kondisi yang abnormal pada sendi rahang Anda, setidaknya dapat lebih mudah untuk ditangani bila terdeteksi sedini mungkin. 

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar