Sukses

Sinusitis dan Riwayat Infeksi Gigi
07 Jan 2015, 14:24 WIB
Pria, 22 tahun.

Selamat Sore dok, saya mengalami kasus sinusitis yang sudah lama, semenjak saya kecil.... Dan saya merasa masalah ini sudah mengurangi kapabilitas saya dalam berolahraga terutama saat bernapas... Saya pernah mengalami pembusukan gigi di bagian kiri atas, sebelumnya dokter gigi saya pernah memberitahukan bahwa "infeksi gigi saya sudah sampai ke sinus" kira- kira seperti itu... Namun gigi saya yang busuk itu sudah saya cabut dan sinus saya tetap tidak berhenti... Pertanyaannya simple, apa yang menyebabkan sinus itu, dan bagaimana menghilangkannya? kalau bisa secara permanen...

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Agar lebih memahami mengenai terjadinya sinusitis, izinkan kami menjelaskan sedikit mengenai sinus. Sinus merupakan suatu rongga yang terdapat pada belakang hidung, mata dan dahi, dan pada keadaan normal berada pada kondisi steril. Pada keadaan sakit, dinding mukosa sinus mengalami peradangan atau pembengkakan akibat alergi, infeksi, iritasi bahan kimia, yang menyebabkan sumbatan aliran cairan di daerah tersebut. Cairan yang tertahan tersebut akan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, yang kemudian memicu sinusitis.

Selain sumbatan aliran sinus, hal berikut juga ikut menyebabkan sinusitis: 

  • gangguan silia, yang berfungsi mengalirkan cairan sinus tersebut
  • gangguan jumlah dan kualitas cairan mukus (lendir)

Sebagai akibat dari sumbatan tersebut, maka:

  • terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus
  • kurangnya oksigen akibat hidung tersumbat dan kesulitan bernapas, seperti keluhan yang Anda alami
  • penurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, dan merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman

Salah satu rongga sinus yaitu sinus Maksilaris, secara anatomi lokasinya berdekatan dengan gigi atas bagian belakang. Infeksi pada bagian gigi tersebut dapat menyebar ke bagian lainnya, seperti sinus maksilaris tersebut, sehingga berperan dalam timbulnya sinusitis. Kapankah Anda mengalami infeksi gigi tersebut? 

Mungkin pada kasus Anda, terdapat faktor lain selain infeksi gigi yang mencetuskan sinusitis, misalnya adanya alergi. Apakah Anda memiliki riwayat alergi (contohnya debu, udara dingin, bulu hewan, tungau, dan lainnya)?

Pada kasus infeksi, faktor penyebab dapat dihilangkan dengan pengobatan antibiotik. Sementara untuk kasus sinusitis akibat alergi, pengobatan medis hanya dapat membantu Anda mengurangi gejalanya, bukan menghilangkan faktor penyebabnya. Yang harus dilakukan pada kasus alergi adalah menghindari pemicunya  (alergen) sehingga sangat mungkin untuk terjadi kekambuhan. Pada orang yang memiliki alergi, sistem imun tubuh akan memicu peradangan jika terkena alergen, yang bermanifestasi pada rongga sinus dan saluran pernapasan lainnya, sehingga memicu sinusitis.

Dalam perjalanannya, apabila sinusitis tidak diobati, infeksi kuman dari sinusitis juga dapat menyebar ke tulang sekitar rongga sinus yang terkena, mata, otak, dan paru. Namun keadaan ini dapat dicegah dengan penanganan yang cepat dan optimal. Terapi lain adalah dengan melakukan pembedahan, yang dilakukan jika infeksi terjadi berulang, atau telah terjadi komplikasi ke organ sekitar sinus. Gejala yang paling khas adalah pusing, sakit kepala dan pilek.

Supaya Anda memperoleh penatalaksanaan optimal, kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter THT untuk menelusuri penyebab dari sinusitis. Apakah terdapat sumbatan/obstruksi mekanik seperti kelainan bentuk pada daerah hidung ataukah karena infeksi, maupun alergi. Jika ditemukan adanya sumbatan/obstruksi mekanik, maka harus diperbaiki kelainannya. Sedangkan jika memang dicetuskan oleh infeksi akan diberikan antibiotik, dan jika karena alergi, maka hindari hal-hal yang menyebabkan alergi. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar