Sukses

Pupil Mata Lebar

31 May 2015, 11:26 WIB
Wanita, 18 tahun.

Kenapa pupil mata saya lebar di tempat terang? Most of time memang sih pupil saya lebar walaupun ditempat terang, pupil saya hanya mengecil bila ada cahaya yg tersorot ke arah wajah. Pupil kiri saya juga lebih lebar dari yg kanan. Tolong penjelasannya terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Pupil merupakan organ mata yang bertugas mengatur besarnya cahaya yang masuk kedalam mata. DI tempat gelap, pupil akan melebar agar cahaya dapat masuk dalam jumlah banyak, sedangkan ditempat terang pupil akan mengecil untuk membatasi cahay yang masuk.

Ukuran pupil yang normal adalah sekitar 2 milimeter. Memang terdapat perbedaan ukuran antara pupil kanan dan kiri, namun normalnya perbedaan ukuran tersebut tidak melebihi 2 milimeter.

Pada saat disinari, secara langsung pada salah satu mata, maka kedua pupil secara bersamaan akan mengecil. Hal ini merupakan salah satu tes untuk melihat fungsi sistem ssaraf otak, yaitu saraf ke II dan III otak, dimana tes tersebut dapat melihat reaksi cahaya langsung (pada mata yang disinari) dan reaksi cahaya tidak langsung (pada mata sebelahnya).

Jika anda menemukan adanya kejanggalan pada fungsi mata anda dan menetap, kami anjurkan anda melakukan pemeriksaan secara langsung kepada dokter spesialis mata untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar