Sukses

Durasi Haid Memendek

31 Dec 2014, 12:04 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat pagi dokter, Dokter saat ini saya mengalami perubahan siklus menstruasi. Biasanya masa menstruasi saya berlangsung selama kurang lebih 7 hari dan darah yang keluar biasanya banyak. Tetapi sudah beberapa bulan ini masa menstruasi saya hanya berlangsung 3 hari dan untuk tanggalnya masih rutin maju sekitar 2 hari dari bulan sebelumnya. Yang saya tanyakan, apakah hal ini berbahaya bagi saya dokter? jika ya pengobatan apa yang sebaiknya saya lakukan. terimakasih

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Siklus menstruasi normal memang berlangsung selama 21-35 hari. Biasanya 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari.

Dari data yang Anda kemukakan, diketahui bahwa lama menstruasi Anda mulai memendek namun masih dalam rentang normal. Perubahan durasi menstruasi umumnya dikarenakan ketidakseimbangan hormonal yang dapat disebabkan oleh gaya hidup sehari-hari.

Beberapa faktor yang dapat berperan, yaitu pola makan yang tidak teratur, stress, aktivitas berlebihan, atau obeistas (kelebihan berat badan). Hal-hal tersebut dapat menimbulkan gangguan pada keseimbangan hormonal Anda yang kemudian menyebabkan durasi menstruasi Anda memendek. 

Apabila setelah melakukan modifikasi gaya hidup Anda masih mengalami gangguan menstruasi, maka ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar