Sukses

Luka bolong Tertusuk Pensil

11 Jun 2015, 09:23 WIB
Wanita, 15 tahun.

Dok jari saya habis tertusuk pensil lalu pensilnya masuk udah di keluarin tapi menimbulkan bolong jadi saya harus tutup bolongnya dgn hansaplas atau biarkan terbuka? Atau ada cara lain dok? Trims tlg d jawab sgt membantu.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com 

kami memahami kekhawatiran anda. Apakah luka yang terjadi cukup dalam hingga mengeluarkan darah terus-menerus dan sulit untuk dihentikan?

Jika tidak, untuk penanganan luka, cukup anda bersihkan dengan cairan antiseptik. Luka kemudian boleh ditutup (mencegah masuknya kuman), atau juga bisa dibiarkan terbuka (agar cepat kering).

jika anda membiarkan luka tetap terbuka, jagalah luka untuk selalu bersih dan menghindari kontaminasi dengan kotoran, debu atau lainnya. Sedangkam bila luka ditutup, jagalah agar kassa penutup tetap selalu kering, dan gantilah kassa setiap hari hingga luka mulai kering atau tertutup.

Namun, jika luka dalam dan darah terus mengalir dan sulit dihentikan, sebaiknya anda memeriksakan luka tersebut kepada dokter, karena mungkin saja luka tersebut membutuhkan penanganan medis lebih lanjut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar