Sukses

Bisakah Anak Masturbasi

11 Jun 2015, 13:49 WIB
Wanita, 30 tahun.

apkh anak2 jg bs mansturbasi? ank sy umr 5thn tp dia sering mainan dg kelaminnya,yg sy tkutkn itu terjadi smpe dewasa,,bgmna cr biar ank sy tdk bgtu lg dok,,sdh srng sy tgur tp tdk jg bgtu trus.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com 

Kami memahami kekhawatiran anda mengenai perkembangan si buah hati. Namun, pada usia tertentu terutama saat balita, alat kelamin menjadi lebih peka terhadap suatu rangsangan sehingga memberikan sensasi tersendiri yang menyenangkan bagi anak.

Namun masturbasi yang dilakukan oleh balita bukan didasari oleh fantasi seksual atau pikiran yang kotor, tapi hanya untuk mendapatkan reaksi alamiah dengan mengeksplorasi alat kelaminnya yang menjadi lebih peka.

Anda tidak perlu panik atau langsung memarahi anak yang sedang melakukan rangsangan seksual tersebut. Karena respon yang salah, dapat membuat anak salah kaprah dan merasa sangat bersalah atau jijik karena mengganggap apa yang telah dilakukannya merupakan tindakan yang kotor. Hal ini bisa mempengaruhi prilaku seksualnya dewasa nanti.

Selain itu, jika anda memarahi dan melarangnya, maka anak cenderung melakukannya secara sembunyi-sembunyi. 

Yang perlu anda berikan adalah memberikan cukup kasih sayang yang mendalam berupa pelukan, ciuman, rangkulan, untuk memberi rasa nyaman pada anak. Dan beri pengertian bahwa hal yang dilakukannya adalah bersifat pribadi, sehingga jangan dilakukan ditempat umum stau didepan orang lain. Selain itu jelaskanlah bahwa bagian tubuhnya adalah milik pribadinya, sehingga jangan membiarkan orang lain untuk menyentuhnya, kecuali oleh orang tua atau dokter (karens alasan khusus). 

Walaupun masturbasi pada anak tidak dilArang, namun bukan berarti lantas anda membiarkan anak melakukannya. Jika anda menemukan anak sedang melakukan hal demikian, alihkan perhatian anak dengan mengajaknya bermain atau memberikannya kesibukan yang lebih positif.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar