Sukses

Batuk dan Sesak Napas

11 Jun 2015, 19:26 WIB
Wanita, 26 tahun.

selamt sore Dok.. saya prempuan berumur 26th,ingin brtnya ttg penyakit yg sy alami selama 3 tahun ini, diawali pd saat kerja di ruang AC, tanpa sirkulasi udara yg baik di t4 kerja saya, penyakit yg sy alami gejalany batuk (kering/berdahak) dimalam hari,pd saat batuk sering mengalami sesak nafas yg berat,dan pd kondisi dingin sesak nafas, batuk, hidung mampet jg, sudh berbagai obat diminum & blum membuahkan hasil, opsi menggunakan Nebu sudah pernah dilakukan,tp bersifat sementara. Penyakit pun kembali, kondisi fisik mudah lelah dan lemah, saat datang bulan nafas terasa sesak, beberapa obat yg sudah saya minum seperti, neonafasin, komik, paramex (tanpa resep dokter).. tergolong penyakit apakah ini dok?? apakah termasuk ASMA, Bronkitis, ISPA, atau yg laiinya dok..?? solusi apa yg baik bagi saya dok..?? Terimakasih atas bantuannya,

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Batuk dan sesak dapat disebabkan karena berbagai macam penyakit, diantaranya seperti yang anda sebutkan di atas, yaitu bronkitis, pneumonia, PPOK, TBC, asma. Masing-masing dari penyakit tersebut memilii penyebab dan terapinya masing-masing. Faktor risiko yang saya lihat dari data yang anda berikan adalah faktor risiko rokok. Rokok sendiri mengandung berbagai macam zat yang dapat menyebabkan iritasi saluran pernapasan sampai dengan meracuni paru-paru.

Rokok dapat memudahkan terjadinya infeksi seperti bronkitis (radang pada saluran pernapasan), PPOk, dan bahkan tumor paru. Apabila sudah diketahui penyebab dan penyakitnya, tentu saja terdapat terapi atau pengobatan tertentu untuk menyembuhkan keluhan dari anda. Batuk kronik serta sesak yang anda alami memang dapat disebabkan karena berbagai penyakit yang saya sebutkan diatas.

Umumnya penyakit yang melibatkan saluran pernapasan memiliki berbagai pencetus sebagai penyebab dari sesaknya, seperti alergi debu, dingin, rokok, bulu binatang, dan sebagainya. Untuk menghilangkan secara tuntas tidak dapat hanya dengan bantuan obat saja namun harus disertai dengan menghindari faktor pencetus.

Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai berbagai penyakit di saluran pernapasan melalui indeks penyakit kami pada sub bagian Penyakit Dalam.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar