Sukses

Batuk dan Bercak Darah Pada Ludah

08 Jan 2015, 17:30 WIB
Pria, 27 tahun.

Saya sering ada bercak darah pada ludah. Sbelum sy jg prnah batuk darah. Setelah sy periksa pd dokter paru sy cm dkasih obat anti pendarahan. Sempat berhenti, namun skrg sy kalo meludah kadang ad bercak darah dan dada sbelah kanan kadang masih terasa ngilu.saya ad riwayat merokok. Saya berhenti merokok 3 hulanbyg lalu

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Terkait batuk dan bercak darah pada ludah yang Anda alami, kira-kira berapa banyak jumlah darah yang keluar tersebut? Apakah terdapat keluhan lain seperti demam, nyeri tenggorokan, penurunan berat badan, dan lainnya?

Batuk darah atau darah pada lendir dapat disebabkan oleh banyak hal, yaitu:

  1. Infeksi Tuberkulosis Paru (TBC Paru)
  2. Infeksi paru (bronkitis, penumonia)
  3. Kanker paru
  4. Edema paru karena adanya masalah pada jantung
  5. Iritasi saluran napas karena batuk yang terlalu keras
  6. Penyakit gigi dan mulut
  7. dan lainnya

Selain itu, juga perlu ditelusuri apakah darah saat Anda batuk tersebut berasal dari saluran pernapasan atau dari saluran cerna. 

Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter terdekat untuk wawancara medis lengkap dan pemeriksaan fisik langsung. Dokter juga mungkin memerlukan pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen paru dan pemeriksaan darah. Setelah pemeriksaan lengkap, dokter dapat menyimpulkan kondisi kesehatan Anda dan mendiskusikan dengan Anda pilihan penanganan yang paling sesuai.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar