Sukses

Haid Tidak Teratur Setelah Berhenti Suntik KB

11 Jun 2015, 19:57 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok mw tnya..sy berhenti kb suntik 3bl sekitar 3bln yg lalu..pada tgl 26 nov sya mens slma 7hri,tapi selang seminggu kemudian sya mens tepatnya tgl 10des selama 4hri,,dan hri iuni tgl 30 des sya mens lgi..itu normal gak dok?sya berhenti kb spaya bsa hamil lagi...terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kembalinya kesuburan yang ditandai dengan teraturnya siklus menstruasi setelah berhenti KB suntik memang memerlukan waktu yang bervariasi. Pada pemakaian KB suntik 3 bulan (KB suntikan progestin), siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan 5-7 bulan setelah penghentian suntikan.

Selama dalam waktu pengembalian kesuburan maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Apabila saat ini Anda masih berada dalam waktu 6-12 bulan pasca pemakaian suntikan KB dihentikan, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Namun apabila sudah melewati jangka waktu 6-12 bulan, siklus haid Anda belum kembali normal juga, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi Anda :

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar