Sukses

Noda pada Gigi atau Stain

28 Jan 2015, 17:00 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok, saya ingin bertanya mengapa gigi saya kuning dan itu sudah terjadi dari saya kecil. Saya pernah konsultasi ke dokter kata dokter tsb itu adalah stain++ tapi dok.tsb tidak memberitahukan bagaimana cara menyembuhkannya. Apakah gigi saya bisa diputihkan kembali. Terima kasih

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya saya akan membahas mengenai perubahan warna pada gigi. Perubahan warna gigi ada yang intrinsik (dari dalam tubuh) dan ekstrinsik (dari faktor di luar tubuh). Makanan dan minuman seperti kopi, teh, wine serta kebiasaan  merokok dapat meyebabkan perubahan warna pada gigi berupa noda atau stain, konsumsi obat antibiotik jenis tetrasiklin pada masa kanak-kanak atau pada ibu hamil juga menyebabkan terdapatnya perubahan warna yang cukup berat pada gigi. Pada kondisi yang gigi Anda alami dimana perubahan warna akibat stain maka dapat dilakukan dengan metode pemutihan gigi/ dental bleaching.

Memutihkan gigi sebaiknya dilakukan setelah berkonsultasi dahulu ke dokter gigi, dan perlu Anda ketahui bahwa merubah warna gigi menjadi lebih putih tidak dapat hanya dilakukan dengan menyikat gigi. Memang ada bahan-bahan pemutih gigi yang beredar di pasaran dan dapat dibeli secara bebas tanpa resep dokter, namun konsumen sebaiknya terlebih dahulu mendapatkan informasi secara lengkap mengenai indikasi dan macam bahan pemutih gigi serta efek samping yang mungkin akan dialami pasien.

Pemutihan gigi paling baik dilakukan oleh dokter gigi. Biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatan dental bleaching bervariasi, namun memang relatif  cukup mahal. Untuk sekedar informasi dan perbandingan, biaya perawatan pemutihan gigi di salah satu klinik di Jakarta menetapkan biaya Rp 3.500.000.

Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca.

A-Z bleaching

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar