Sukses

Seputar Amandel

30 Dec 2014, 13:36 WIB
Pria, 20 tahun.

Assalamualaikum Apakah amandel itu?? Faktor apa saja yang menyebabkan amandel? Apakah amandel bisa mempengaruhi tingkat kekebalan tubuh seorang yg mempunyai amandel?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Amandel atau tonsil (istilah medis) merupakan salah satu jaringan yang berfungsi membantu melawan virus dan bakteri yang masuk melalui tenggorokan dengan cara membantu tubuh memproduksi sel darah putih sebagai bentuk tentara tubuh yang melawan infeksi.
Mungkin yang dimaksud oleh Anda adalah faktor yang mempengaruhi pembesaran amandel, karena amandel sendiri merupakan jaringan normal di dalam sistem pertahanan tubuh. Amandel akan membesar manakala sedang terjadi proses peradangan atau infeksi, akibatnya timbul rasa tidak nyaman gatal pada tenggorokkan dan nyeri saat menelan sehingga nafsu makan juga ikut menurun. Gejala lain yang dapat menyertai yaitu demam akibat adanya infeksi pada tubuh. Saat dilakukan pemeriksaan, akan terlihat amandel yang membesar dan merah, dapat juga ditutupi kotoran pada lekukan-lekukannya.
Mengenai pertanyaan Anda "Apakah amandel bisa mempengaruhi tingkat kekebalan tubuh seorang yg mempunyai amandel?" sayang sekali kami kurang mengerti maksud dari pertanyaan Anda. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar