Sukses

Dampak Diabetes Pada Kulit

30 Apr 2015, 12:43 WIB
Wanita, 40 tahun.

Dok..saya mau tanya,,mama saya divonis diabetes,,semenjak itu mama saya mengalami kelainan dikulitnya,,seperti luka terbakar sihampir semua badannya..sekarang daerah wajah seperti terbakar dan keriput benjol" gitu dok,,apakah diabetes berdampak juga pada kulit??

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Penyakit diabetes melitus disebabkan akibat adanya gangguan atau resistensi insulin yang menyebabkan gula tidak dapat diserap kedalam sel-sel tubuh (untuk sumber energi) dan menumpuk dalam pembuluh darah.

Gula darah yang menumpuk ini dalam jangka pangjang akan menyebabkan gangguan dan kerusakan pada sistem tubuh, termasuk pembuluh darah dan saraf. Kerusakan pada pembuluh darah, menyebabkan gangguan pada organ lain, itulah sebabnya penderita DM Kronis akan juga mengalami penyakit lain seperti hipertensi, gangguan ginjal, kerusakan mata dan lainnya.

Pada kulit sendiri, DM tidak secara langsung menyebabkan gangguan. Namun dengann adanya kerusakan pada saraf dan pembuluh darah membuat kulit menjadi kekeruangan daya sensitifnya. Sehingga terkadang penderita DM tidak menyadari adanya luka pada tubuhnya, sehingga luka tersebut tidak terawat dengan baik dan menyebabkan infeksi. Gangguan sensitifitas ini biasanya diawali pada ujung-ujung jari tangan dan kaki. Kasus yang terbanyak adalah gangren DM yaitu luka pada kaki yang membusuk, hingga harus diamputasi.

Pada kasus ibu anda, perlu terlebih dahulu dicari adanya kemungkinan penyebab lain dari gangguan pada kulitnya, karena berdasarkan gambaran kelainan kulit yang anda utarakan, hal tersebut tidaklah umum terjadi pada penderita DM.

Saran kami, kunjungilah dokter yang menangani ibu anda dan diskusikan mengenai keluhannya ini. Dokter anda dapat merujuk ibu anda kepada spesialis kulit bila memang keluhan tersebut diduga tidak terkait oleh penyakit DM nya. Dan berikan motivasi kepada ibu anda untuk selalu rutin melakukan kunjungannya kedokter untuk pemeriksaan kesehatan, dan minum obat secara rutin, agar gula darahnya tetap terkontrol dan menghindari komplikasi yang tidak diinginkan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar