Sukses

Cairan dari Vagina Setelah Berhubungan

30 Dec 2014, 11:00 WIB
Pria, 26 tahun.

waktu saya berhubungan badan dengan istri saya, setelah Mr.P saya dikeluarkan dari Mrs.V istri saya, dari Mrs.V istri saya keluar cairan putih, pakah itu sperma saya atau cairan lain dari istri saya ? ini terjadi setiap kali istri melakukan hubungan biologis. mohon sarannya.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Pada saat ejakulasi, seorang pria normalnya akan mengeluarkan cairan sebanyak 2-5 ml yang terdiri dari cairan mani dan sperma. Sperma yang berukuran mikroskopik dapat masuk ke rahim melalui mulut rahim sedangkan sisa cairannya akan tertinggal di dalam vagina. Apabila terdapat cairan berwarna putih keluar dari vagina setelah berhubungan bisa saja itu merupakan cairan ejakulasi karena cairan ejakulasi tidak diserap dan akan keluar sebagian. 

Namun, apabila cairan vagina mulai berubah warna dan berbau, terlebih apabila disertai keluhan buang air kecil dan nyeri perut bawah, segeralah periksakan diri istri Anda ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Cairan vagina yang patologis umumnya disebabkan oleh infeksi sehingga diperlukan terapi antikuman secara optimal.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar