Sukses

Efek Samping KB Suntik

13 Jun 2015, 13:58 WIB
Wanita, 21 tahun.

yth. dokter di tempat. mau tanya ni dok,saya itu kan KB suntik 3bln sekali, sejak juni sampai sekarang desember 2014. pertanyaan saya kok haid saya nggak lancar dan pasti, rambut saya dari kepala,ketiak dan di kemaluan saya itu rontok semua, berat badan turun tiap bulan. apakah ini dari efek KB atau saya punya penyakit lain ya dok. tolong kasih solusi terbaik dok terimakasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda alami. KB suntik merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan dengan memberikan suntikan hormon (hormon progestin atau kombinasi hormon estrogen dan progesteron) ke dalam tubuh. Pemberian hormon melalui KB suntik mampu mencegah kehamilan dengan cara:

  • menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur oleh indung telur)
  • mempertebal lendir mukosa leher rahim
  • mengganggu pergerakan silia saluran tuba
  • menghalangi pertumbuhan lapisan endometrium (dinding rahim) 

Biasanya kontrasepsi suntikan yang diberikan dengan injeksi secara intramuskular setiap bulan adalah kontrasepsi suntikan estrogen-progesteron, mengandung 25mg depo medroxyprogesteron asetat dan 5 mg estradiol cypionat.

Efek samping dari KB jenis ini adalah peningkatan berat badan, rambut rontok, tulang menjadi keropos, kelainan metabolisme lemak, ketidakteraturan menstruasi termasuk menometroragi (umumnya beberapa bulan pertama) dan amenorea (1 tahun pertama), jika pemakaian suntikan KB dihentikan, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun.

Kemungkinan keluhan yang anda alami merupakan efek samping dari KB yang anda gunakan. Namun, kondisi ini perlu dipastikan melalui pemeriksaan secara langsung. Jika benar karena KB, maka sebaiknya anda mempertimbangkan metode kontrasepsi lain.

Sebelum memilih jenis metode kontrasepsi yang tepat untuk anda, anda harus mengetahui kelebihan, kekurangan, efek samping dan efektifitas dari masing-masing metode kontrasepsi tersebut. Untuk itu, Kami telah menyediakan sebuah artikel yang berjudul Keluarga Berencana (KB). Ada baiknya juga Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Melalui artikel ini, anda dapat memperoleh segala informasi mengenai KB dan dapat membantu anda dalam menentukan metode kontrasepsi yang tepat bagi anda dan pasangan anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat. 

Salam,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar