Sukses

Apakah Ada Penyakit Di Rahim Saya?

29 Dec 2014, 22:30 WIB
Wanita, 34 tahun.

Dokter saya ingin punya anak ke 2. Krn putriku berumur 8 th km menikah april 2006, saya pernah kb suntik 3 bln dan saya ganti 1 bln sekali krn flek terus, selama 1,5 th, pernah jg kb pil beberapa kali, sampe skrg tdk kb lagi. Yg ingin saya tanyakan pernah beberapa kali telat mens 1 mgg, 1 bln, 2 bln, tapi negatif, dan saya pernah melakukan hub intim, dgn msh blm selesai mens ada sisa coklat. Skrg saya mengalami flek coklat bebrp hari, sblmnya ada nyeri di perut rahim, krn akhir okt dan akhir nop tdk mens n negatif, tgl.7 des mens selama 7 hari. Setelah itu km berhubgan dan beberapa harinya saya merasa pusing dan payudara sakit. Saya coba bertahan 6 jam, dan saya akhirnya minum bodrex. Krn saya tdk bisa menahan sakitnya. Apakah ada penyakit di rahim saya dokter ? Terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan, untuk itu ijinkan kami untuk menjelaskan sedikit mengenai siklus menstruasi. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, dengan lama keluarnya darah haid berlangsung selama 2-8 hari. Masa subur terjadi pada hari ke 12- 14 dimulai dari hari pertama haid.

Siklus haid tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain

  1. Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  2. Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  3. Stres psikologis
  4. Atlit
  5. Kekurangan vitamin K
  6. Penggunaan obat-obatan tertentu
  7. Kelainan pembekuan darah
  8. Gangguan hormon tiroid
  9. Dsb

Dalam kasus Anda dugaan kuat penyebab ketidak teraturan haid adalah akibat penggunaan KB hormonal, walaupun bisa juga disebabkan oleh faktor lainnya. Sedangkan untuk kelainan dalam rahim hanya bisa dipastikan dengan pemeriksaan yang dilakukan secara langsung. Oleh karena itu, kami menganjurkan Anda segera memeriksakan diri kepada dokter spesialis kebidanan dan Kandungan agar dapat mengetahui penyebab gangguan haid dan keluhan lain yang Anda rsakan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar