Sukses

Mentsruasi Tidak Berhenti

30 Dec 2014, 21:31 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat malam.dok saya mau tanya tanggal 16 desember istri saya dirawat sampai tanggal 21 karena sakit TB paru.oleh dokter diberi obat rimstar 4-FDC dan obat suntik streptomycin sulfate meiji.dan harus minum obat itu selama 9 bulan dan suntik selama 2 bulan.tapi setelah hari kedua dirawat istri saya menstruasi dan sampai sekarang belum berhenti.padahal seminggu sebelumnya istri saya baru berhenti menstruasi.yang mau saya tanyakan apakah itu berbahaya untuk istri saya?apa sebenarnya yang terjadi pada istri saya. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Jika siklus menstruasi masih dalam kisaran waktu di atas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan, karena termasuk normal. Pada kasus Anda, tampaknya yang Anda alami adalah menorrhagia. Menorrhagia adalah kondisi dimana darah haid berlebihan, dan dapat lebih dari 7 hari. Hal ini dapat terjadi karena adanya masalah ketidakseimbangan hormon.

Siklus menstruasi seorang wanita sangat dipengaruhi oleh keseimbangan hormon setiap bulan, sehingga sebenarnya masalah menstruasi sebaiknya dinilai dari siklus menstruasi dalam 6 bulan terakhir. Bagaimana dengan siklus menstruasi Anda selama ini? Apakah masalah ini sudah terjadi beberapa kali?

Menstruasi yang maju ata mundur 5-7 hari sebenarnya termasuk normal bergantung pada keseimbangan hormon wanita yang dipengaruhi aktivitas, diet dan kondisi fisik dan psikis. Namun jika siklus menstruasi memang tidak teratur serta sering terjadi menstruasi yang memanjang maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan lebih lengkap dan lebih jauh. Demikian jika menstruasi Anda tidak kunjung berhenti juga maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan, karena mungkin diperlukan pemeriksaan USG atau pemeriksaan hormon. Terlebih jika menstruasi terjadi lama dan banyak, kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter segera.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar