Sukses

Demam Terus Menerus

28 Dec 2014, 22:48 WIB
Wanita, 15 tahun.

kalau demam terus, lalu ada banyak bintik-bintik di kulit warna putih, itu sakit apa ya? terus cara menanganinya gimana?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Demam dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah kekurangan cairan (dehidrasi), kurang istirahat atau metabolisme tubuh menjadi meningkat, dan infeksi. Sejak kapan demam ini Anda rasakan? Apakah suhu tinggi hingga menggigil atau demam tidak tinggi? Apakah demam terus menerus atau hilang timbul dalam satu hari? Adakah disertai gejala lain: pusing, batuk pilek, nyeri telinga, nyeri tenggorokkan, diare, nyeri saat BAK, infeksi kulit atau gejala lain?

Dan untuk bintik putih yang Anda sampaikan, dimana letaknya? Bagaimana bentuknya: bulat terpisah, atau bergerombol? Apakah padat atau ada isi: cairan bening, nanah? Bagaimana dengan ukurannya? Apakah jumlahnya bisa dihitung atau tidak terhitung? Pada bagian tubuh mana bintik ini pertama muncul?

Begitu banyak penyebab demam, dan dengan keterbatasan informasi yang Anda berikan, sulit bagi kami untuk menentukan arah diagnosa penyakit yang Anda keluhkan. Namun, keluhan demam dengan adanya manifestasi bintik-bintik dikulit bisa jadi disebabkan oleh infeksi sistemik yang bermanifestasi sebagai gejala demam dan lesi kulit, Atau bisa jadi lesi dikulit sebagai penyebab demam.

Untuk itu, agar dapat dipastikan, Kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan secara langsung kepada dokter terdekat agar dapat ditangani segera guna mencegah timbulnya komplikasi yang tidak diinginkan.

Untuk sementara ini, yang dapat Anda lakukan untuk Mengatasi demam dapat dengan cara :

  • istirahat
  • minum air putih yg banyak
  • kompres dahi, leher, dada, ketiak dengan air hangat  untuk menurunkan demam
  • pakai baju yang tipis
  • minum obat penurun demam (parasetamol) setiap 6 jam/hari sesuai dosis untuk membantu menurunkan demam (suhu > 37,5 derajat C)

Sebaiknya Anda tidak menganggap sepele gejala demam karena bisa jadi itu merupakan suatu gejala dari penyakit yang harus segera ditangani, untuk itu segeralah berkonsultasilah ke dokter.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar