Sukses

Rahang Tegang

29 Jun 2015, 05:17 WIB
Pria, 32 tahun.

Dok, saya mau tanya. Seminggu kemarin sya sekeluarga makan jagung rebus yang agak ulet. Saya mengunyah jagung tsb sampai rahang kanan saya pegal, atau "kemeng" bahasa jawanya. Besok paginya pipi kanan saya bengkak tapi gusi saya tdk sakit, hanya seperti otot pipi bagian kanan saya membengkak dan keras. Hal ini juga dialami seorang teman yg juga makan jagung tersebut. Ini sudah lewat seminggu lebih, bengkak pipi sudah mengecil tpi otot rahang bagian bawah, letaknya bawah telinga masih benjol/bengkak. Masih keras dan tegang. Apa solusinya dok? Terima kasih sebelumnya Tommy

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Aktivitas yang berlebihan pada rahang dapat membuat otot penutup rahang mengalami ketegangan. Pada umumnya kondisi ini bila tidak disertai gejala lain, dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus.

Namun pada kondisi yang berat, maka dapat disertai gangguan pada organ telinga. Hal ini dikarenakan otot pengunyahan dan otot telinga tersebut dipersyarafi oleh nervus trigeminal yang sama. Keluhan tersebut yang paling lazim diantaranya:

  1. tinitus
  2. Sakit kepala, leher, dan punggung
  3. Pusing atau vertigo, atau migrain
  4. Sakit telinga
  5. Gangguan pendengaran
  6. Gangguan penglihatan
  7. Rasa sakit pada sinus
  8. Bunyi pada sendi rahang

Coba Anda ingat-ingat apakah Anda memiliki kebiasaan buruk lainnya (selain kejadian makan jagung tersebut) seperti mengerat gigi pada saat tidur malam, atau terbiasa makan/mengunyah satu sisi, atau ada tambalan yang perlu diperbaiki atau membuat kontak antara gigi atas dan bawah Anda pada satu titik tertentu lebih berat daripada daerah lainnya.  

Kondisi tersebut dapat membuat otot pengunyahan dan sendi rahang bekerja lebih berat sehingga dalam jangka waktu lama dapat mengarah kepada kelainan sendi rahang.

Kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter THT atau dokter gigi spesialis prosthodonti yang cukup mendalami masalah sendi rahang (TMJ), sehingga dapat dilakukan pemeriksaan menyeluruh pada kondisi gigi geligi Anda serta sendi rahang.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar