Sukses

Solusi Batuk Berdahak

30 Dec 2014, 20:33 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok saya sakit batuk sudah hampir 3 hari dan hidung tersumbat tapi setiap saya menarik atau coba buat mengeluarkan dahak/lendir ada bercak darah sedikit Lalu sekarang disertai sakit gigi di geraham kiri dan juga migran itu kenapa ya dok Terima kasih

 

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Dahak yang tidak dikeluarkan akan terus merangsang reseptor batuk di saluran napas dan dapat sangat mengganggu. Karena itu, untuk mengatasi dahak dilakukan dengan mengeluarkan dahaknya.

Pengeluaran dahak dapat dibantu dengan menggunakan obat batuk yang mengandung mukolitik ataupun ekspektoran. Mukolitik berfungsi untuk memecahkan lendir yang kental sehingga lebih mudah dikeluarkan. Sementara ekspektoran berfungsi merangsang batuk agar dapat mengeluarkan dahak. Obat untuk batuk berdahak, biasanya  mengandung Ambroxol Hydrocloride atau Bromhexine Hydrocloride atau Dextrometorphan atau Gliserine Guaiacolsulfate. 

Selain itu, mengkonsumsi banyak cairan hangat dapat membantu untuk mengencerkan lendir di daerah saluran pernapasan.

Jika dahak tidak juga dapat diatasi maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter Anda, mungkin diperlukan pengobatan dengan uap (inhalasi) untuk membantu mengencerkan dahak.

Hidung tersumbat dapat terjadi akibat beberapa hal, diantaranya :

  • Infeksi saluran napas oleh virus atau bakteri
  • Sinusitis
  • Alergi
  • Pasca penggunaan obat tetes hidung selama lebih dari 3 hari
  • Polip hidung
  • Rhinitis vasomotor
  • Dll

Jika karena dugaan infeksi, seperti yang juga menyebabkan batuk Anda, maka berangsur dengan pengobatan keluhan akan membaik.

Semoga Anda lekas sembuh!

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 
 

Salam,
 

Redaksi KlikDokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar