Sukses

Terapi Hipertiroid

30 Dec 2014, 20:49 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok, sy 6 bulan yang lalu divonis hipertiroid subklinis oleh dokter sy dikasi tyrosol alhmdlh 2 minggu yg lalu sy cek hormon sy kmbali normal dan disuruh cek lgi 3 bulan dan tidak perlu minum obat. tp saat ini sy merasa cepat pegel pada otot dada, ada kedutan yg aneh pada sekitar dada kiri atau kanan, kurang bertenaga, kelihatan sedikit pucat namun bukan anemia dan menjadi cepat cemas. tidur sy normal 8 jam, sy tidak merokok, sy juga rajin olah raga. apakah gejala tadi menunjukkan saya masih menderita hipertiroid?nilai asam urat saya (lab) 7,5 dari nilai ats normal 7, masih suka bersendawa, rambut berketombe dan rontok. apakah ada kemungkinan terkena penyakit lain selain hipertiroid ? Terimakasih.

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-consultation KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda, namun sebelum melanjutkan izinkan kami memberikan sedikit informasi mengenai Tiroid. Kelenjar tiroid terletak di leher bagian depan. Fungsi utama kelenjar tiroid adalah mengeluarkan hormon yang membantu mengatur metabolisme.

Hormon yang dikeluarkan kelenjar tiroid juga berperan dalam perkembangan normal organ seperti jantung dan otak, serta untuk fungsi reproduksi normal. Jumlah produksi hormon yang tepat penting pula untuk metabolisme tulang dan kalsium.Hormon yang diproduksi oleh kelenjar tiroid adalah tiroksin (T4) dan tri-iodothyronine (T3). Kadar kedua hormon ini yang terlalu tinggi atau terlalu rendah bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Secara umum untuk mengontrol tiroid dapat dilakukan dengan pemberian obat tiroid, terdapat dua macam obat yang umum dipakai yaitu methimazole dan PTU. Kadar homron tiroid Anda akan dipantau apakah sudah terjadi penurunan, jika demikian dosis obat dapat dipertimbangkan untuk diturunkan. Keluhan perasaan berdebar, cemas masih mungkin terkait dengan hipertiroid. Namun kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan langsung. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. Anda kami anjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam subspesialis endokrinologi. Agar dapat diketahui dengan pasti kondisi yang Anda alami saat ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat. (AN)

Salam,

 

Tim redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar