Sukses

Kerontokan Rambut

02 Mar 2015, 13:16 WIB
Pria, 16 tahun.

Dokter, saya seorang remaja pria berumur 16 tahun dan masih duduk di kelas 2 SMA dan kulit kepala saya di daerah rambut depan berpola huruf "M" apakah pola huruf "M" dibagian depan kepala itu menunjukkan ciri-ciri kebotakan? banyak yang bilang di internet bahwa bila kulit didepan kepala sudah berpola "M" itu tanda-tanda menuju kebotakan apakah itu benar? sedangkan saat saya melihat foto saya waktu kecil pola "M" itu sepertinya sudah ada saat saya kecil, type rambut saya pun kriting ikal dan tebal, keturunan dari ibu dan bapak saya pun tidak ada yang botak dan berpola huruf "M" dirambutnya serta rambutnya tebal-tebal. Rambut rontok saya perhari pun terbilang normal yaitu sekitar -+20 helai perhari. Jadi apakah pola huruf "M" dibagian depan kepala itu menunjukkan cir-ciri kebotakan saja? atau bisa juga bentuk dari lahir? terima kasih dok, ditunggu jawabannya.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. 

Kerontokan rambut adalah kehilangan rambut yang berkisar kurang lebih 120 helai per hari. Dapat terjadi menyeluruh atau setempat. Penyebabnya bermacam-macam mulai dari setelah melahirkan, bayi baru lahir, stres, demam tinggi, dan obat. Kebotakan dapat disebabkan berbagai macam penyebab, antara lain :

  • Infeksi kulit kepala
  • Stres emosional
  • Keturunan (genetik)
  • Autoimun : LUPUS
  • Depresi
  • Faktor fisis, misalnya tekanan pada bayi yang tidur pada satu sisi
  • Penyakit sistemik : sifilis, hipotiroid, hipertiroid
  • Obat : pil antihamil, metotreksat, siklosfosfamid, klorambusil

Salah satu jenis kebotakan pada pria usia dewasa muda dikenal dalam dunia medis dengan Male Pattern Alopesia (Alopesia Androgenika). Kebotakan ini biasanya muncul pada akhir umur dua puluh atau awal umur tiga puluh. Rambut rontok dimulai dari puncak kepala sampai dengan bagian dahi. Rambut batas dahi menjadi mundur dan dahi terlihat lebar. Penyebab kelainan ini adalah keturunan yang dominan. Bila pasangan suami istri sama-sama menderita penyakit ini maka semua anak laki-laki dan setengah jumlah anak wanita akan mengalami hal yang sama. 

Apabila dalam kondisi Anda kerontokan rambut tidak mencapai 120 helai per hari, hal ini masih dikatakan normal. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar