Sukses

Dampak Positif Dan Negatif Donor Darah

25 Jun 2015, 19:55 WIB
Pria, 20 tahun.

Halo Dok. saya mau tanya tentang donor darah. apa dampak positif dan negatif donor darah terhadap manusia terutama laki-laki?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Terdapat banyak sekali manfaat kesehatan mendonorkan darah. Berikut beberapa manfaat mendonorkan darah bagi pendonor:

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Di dalam darah terdapat suatu komponen yang bernama zat besi.  Zat besi berpengaruh terhadap ketebalan darah. Kadar zat besi yang tinggi menyebabkan darah lebih tebal.  Selain itu peningkatan kadar zat besi juga dapat mempercepat proses oksidasi kolesterol.

Hal ini dapat mempengaruhi konsistesi darah dan meningkatkan gesekan ketika darah mengalir di pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko terjadinya hambatan pada pembuluh darah. Menurut American Journal of Epidemiology, dengan mendonorkan darah Anda dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 33% dan menurunkan risiko serangan jantung hingga 88%.

Peneliti dari American Medical Association mengatakan dengan mendonasikan darah setiap 6 bulan dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke pada usia 43 hingga 61 tahun. 

2. Mendapatkan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Dengan melakukan donor darah secara tidak langsung Anda dapat mengetahui kondisi kesehatan Anda. Sebelum melakukan donor darah, Anda akan diperiksa tekanan darah, nadi, suhu, darah kadar hemoglobin di dalam darah.

Anda dapat mengetahui jika tekanan darah Anda abnormal atau mungkin jika Anda memiliki anemia.

Selanjutnya setelah darah diambil akan dilakukan serangkaian tes pada darah untuk mengetahui adanya infeksi,

Anda dapat memilih untuk mengetahui hasilnya atau tidak. Meskipun biasanya mereka mengambil inisiatif untuk menghubungi pendonor untuk mengabarkan.

3. Membakar Kalori

Saat mendonorkan darah Anda sebanyak 450 ml, tanpa disadari Anda telah membakar sebanyak 650 kalori.

Tetapi hal ini jangan dijadikan cara utama Anda untuk menurunkan berat badan, karena Anda hanya dapat mendonorkan darah paling cepat setiap 3 bulan bergantung pada status kesehatan dan kadar hemoglobin Anda.

4. Hidup Lebih Lama

Dengan mendonorkan darah pikiran Anda akan terasa lebih stabil. Pendonor  darah cenderung merasa lebih bahagia karena dapat menolong orang lain. Dengan merasa bahagia Anda dapat mengurangi beban pikiran dan dapat hidup lebih lama. Selain itu dengan mendonorkan darah Anda akan mengurangi risiko terkena serangan jantung yang merupakan penyebab pembunuh no.1 di dunia.

5. Menurunkan Risiko Kanker

Selain menurunkan risiko penyakit jantung, donor darah ternyata juga dapat menurunkan risiko terkena kanker.

Penelitian mendapatkan bahwa hal ini berhubungan dengan frekuensi mendonorkan darah. Semakin sering mendonorkan darah, semakin berkurangnya risiko terdiagnosis kanker.

Setiap 1 orang yang mendonorkan darahnya dapat menyelamatkan 3 hingga 4 orang yang membutuhkan. Jadi Tidak ada ruginya bila anda mendonorkan darah, bukan?!.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

2 Komentar