Sukses

Bells Palsy dan Ramsay Hunt Syndrome (RHS)

29 Apr 2015, 21:14 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, saya mau tanya.. Sudah sejak 2008 sy terkena bells palsy , awalnya saya terkena cacar air, dan saat sakit itu saya tiba2 mengalami kelumpuhan pada wajah, awal nya yg saya rasakan saya tidak bisa berkumur pd pagi hari saat saya gosok gigi dan mata saya tidak bisa berkedip sebelah, lalu saya ke dokter umum, diagnosa dokter umum awalnya berkata ini ada infeksi d telinga karena cacar air nya, lalu saya d rujuk ke dokter penyakit dalam dan berlanjut ke dokter spes. syaraf.. Apakah bells palsy yg sudah lama bisa sembuh kembali? Apakah bells palsy yg saya alami ini ada hubungan nya dengan ramsey hunt? Terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Bell's palsy disebabkan oleh trauma terhadap saraf VII di muka atau karena infeksi virus. Berdasarkan Journal of Neurology Neurosurgery and Psychiatry, prognosis kesembuhan dari Bell's palsy sangat baik, hanya 16% diantaranya yang gejalanya tidak kembali seperti semula. Terapi yang dilakukan suportif atau mengurangi gejala yang ada. Semakin cepat ditangani maka semakin baik kesembuhannya. 

Ramsay Hunt Syndrome (RHS) adalah infeksi saraf wajah yang disertai dengan ruam yang menyakitkan dan kelemahan otot wajah. Penyebab RHS adalah virus varisela-zoster, virus yang menyebabkan cacar air. Setelah menyembuhkan cacar air, virus berdiam tidak aktif dalam saraf. Bertahun-tahun kemudian, virus aktif kembali. Jika virus mengaktifkan kembali dan menginfeksi saraf wajah, hasilnya adalah RHS.

Kedua penyakit ini bisa disebabkan oleh virus yangsama, yaitu virus varisela-zoster. Namun merupakan penyakit yang berbeda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar