Sukses

Sering Mimisan dan Muntah Darah

10 Mar 2015, 16:39 WIB
Wanita, 22 tahun.

dok, saya punya teman, yang sering mengalami mimisan disertai muntah darah. itu gejala penyakit apa dok??. terima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Mimisan atau yang dikenal sebagai epistaksis dalam bahasa kedokteran adalah perdarahan dari hidung akibat pecahnya pembuluh darah di dalam hidung yang sering ditemukan sehari-hari, dan hampir sebagian besar dapat berhenti sendiri. Berbagai penyebab mimisan dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu lokal dan sistemik. Penyebab lokal yang tersering adalah trauma, infeksi, tumor ganas  dan kelainan bawaan. Penyebab lainnya adalah kelainan sitemik, seperti penyakit jantung, kelainan darah, infeksi, perubahan tekanan atmosfer dan gangguan endokrin. Selain faktor-faktor tersebut, bersin yang terlalu keras pun dapat menyebabkan perlukaan pada hidung yang berujung pada keluarny darah dari hidung.

Sejak kapan keluhan ini timbul? Apakah pencetus terjadinya mimisan pada teman Anda? berapa banyak darah yang keluar dari hidung tiap mimisan? apakah teman Anda memiliki riwayat penyakit tertentu?

Data-data di atas perlu diketahui untuk mencari sebab yang paling mungkin menyebabkan keluhan pada  teman Anda. Namun, karena kurangnya data yang ada serta keterbatasan kami unuk melakukan pemeriksaan fisik maka kami tidak dapat memastikan penyebabnya. Oleh karena itu, untuk memastikan apakah gejala ini berkaitan dengan gangguan kesehatan yang lebih serius, kami sarankan isteri Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter THT untuk pemeriksaan lengkap dan penanganan optimal segera, terlebih jika isteri Anda cukup sering mengalaminya.

Mengenai informasi epitaksis dapat anda baca di artikel yang telah kami sediakan

Epitaksis

Tindakan Awal Untuk Mimisan

Sedangkan mengenai muntah darah, apakah warna muntahan berwarna merah atau hitam? Perlu diketahui penyebab dari adanya perdarahan saluran cerna tersebut. Apakah pernah ada sakit kuning sebelumnya? Apakah ada batuk darah sebelumnya? Apakah ada buang air besar berwarna hitam sebelumnya? Apakah ada riwayat maag/minum obat-obatan anti nyeri sebelumnya? apakah anda memiliki riwayat penyakit tertentu seperti penyakit paru atau penyakit lainnya?

Muntah darah merupakan suatu gejala yang dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya gangguan pada lambung, saluran pencernaan dan hati. Salah satu penyakit hati yang dapat menyebabkan muntah darah adalah sirosis hati. Sirosis hati merupakan suatu kondisi terminal dari penyakit hati kronik. Di Indonesia, seringkali penyakit ini disebabkan oleh infeksi hepatitis B dan C. Sebagian pasien yang terinfeksi hepatitis B atau C bisa saja tidak memiliki keluhan (tanpa gejala/asimtomatik). Hal ini baru disadari saat penyakit telah memasuki stadium akhir. Selain infeksi sirosis hati dapat juga disebabkan karena perlemakan hati (fatty liver), kebiasaan minum alkohol dalam waktu lama dan rutin, obat – obatan yang menganggu fungsi liver dalam waktu yang lama, jamu – jamuan, dan makanan dengan bahan pengawet.

Risiko dari muntah darah berulang tentu adalah kekurangan darah, yaitu anemia. Jika muntah darah banyak, kekurangan volume darah yang terjadi bisa begitu banyak sehingga bisa mengancam kestabilan tanda vital teman Anda. Jika tidak diterapi dengan tepat, muntah darah masif dapat berakibat pada kematian.

Bila mimisan dan muntah darah berlangsung secara bersamaan, penting diperiksa apakah terdapat demam atau tidak. Bila terdapat demam, maka kemungkinan teman Anda menderita demam berdarah dengue. Bila tidak terdapat demam, apakah teman Anda sering mengalami memar walaupun hanya benturan kecil? Bila Ya, maka kami sarankan agar teman Anda melakukan pemeriksaan darah rutin untuk memeriksa komponen pembekuan darahnya.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar