Sukses

Anemia pada Kehamilan

10 Mar 2015, 17:57 WIB
Wanita, 34 tahun.

Dokter yth. Saya rulik, yang sekarang sedang hamil ke 3 memasuki usia kehamilan 7 bulan... setiap kehamilan anak2 saya BB tidak pernah naik lebih dari 12kg. berat normal kalo tidak hamil 50-52 kg. Saat ini saya nafsu makan saya berkurang, tapi saya suka nyemil entah itu kue ataupun minum susu.. yang menjadi pertanyaan saya kenapa saya akhir2 ini sering berdebar ya dok?? terima kasih atas jawabannya

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah Anda pernah memeriksa Hemoglobin (Hb) darah Anda? Karena seringkali Anemia pada Kehamilan menyebabkan gejala berdebar-debar. Berikut kami jelaskan mengenai anemia pada kehamilan.

Gejala umum anemia seperti cepat merasa lelah, lemas, pucat, pusing dan napas pendek-pendek seringkali dianggap sebagai hal yang biasa dialami saat hamil. Padahal jika tidak segera ditangani, anemia dapat menimbulkan komplikasi serius saat melahirkan (terutama jika banyak mengalami pendarahan) atau saat pemulihan setelah melahirkan.

Selama masa kehamilan, ibu hamil dianjurkan untuk melakukan pengecekan rutin ke dokter atau puskesmas untuk mengecek kadar zat besi mereka. Biasanya dokter akan melakukan 2X pengecekan darah pada usia kandungan ke 24 dan 48 untuk mengetahui persentase sel darah merah dan kadar hemoglobin-nya. Jika levelnya terlalu rendah, maka dokter akan meresepkan suplemen zat besi tambahan (diluar suplemen untuk kehamilan yang telah diterima sebelumnya). Asupan harian zat besi yang dianjurkan bagi ibu hamil adalah hingga 9mg (Medscape,2014).

Dalam kasus tertentu, suplemen penambah zat besi dapat menyebabkan masalah pencernaan atau sembelit. Jika suplemen ini memang dibutuhkan, jangan mengkonsumsinya sekaligus dalam jumlah banyak dan usahakan hanya diminum sesudah makan. Tambah asupan air putih dan makanan kaya serat seperti buah-buahan dan sayur, upayakan untuk mengolah tanpa mengupas kulitnya.

Cara terbaik untuk mencegah anemia saat hamil adalah dengan menjaga pola makan sehat, yaitu dengan mengkonsumsi cukup daging, asinan buah (tanpa pengawet), sayur berbentuk daun berwarna hijau tua, oatmeal, kacang-kacangan, sereal, serta roti dengan kandungan zat besi. Padukan dengan makanan yang kaya Vitamin C seperti jus jeruk, tomat dan stroberi untuk membantu proses penyerapan zat besi. Hindari mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi bersamaa dengan kopi, teh, putih telur, susu atau makanan kaya kalsium lainnya, karena justru dapat mengganggu proses penyerapan zat besi dalam tubuh.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar