Sukses

Keluhan Mata Bagian Hitam Menonjol

10 Mar 2015, 23:07 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok..kakek saya menderita penyakit mata,yaitu bola mata bagian hitamnya keluar alias menonjol keluar.kmi memeriksakan kedokter mata n memyrankan untuk mengoperasi dg cara diangkat bola matanya.apa kira2 itu penyakit gloukoma dok?kira2 bgaimana solusinya?krn disaat kambuh kakek saya merasa sakit kepala n gatel di pelupuk mata trsebut.terimakasih u/ penjelasannya.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sayang sekali Anda tidak menjelaskan secara rinci keluhan yang muncul dari kakek Anda. Apakah maksud Anda seluruh bola mata bertumbuh menonjol keluar? Apakah terkadang jaringan mata tersebut mudah berdarah? Apakah masih ada sisa penglihatan? Sudah sejak berapa lama benjolan tersebut muncul? Apa yang memulai timbulnya benjolan? Apakah hanya pada satu atau dua mata?

Selain itu, apakah diagnosis glaukoma datang dari dokter mata Anda? Sebab kami lebih memperkirakan diagnosis kakek Anda menuju ke arah tumor mata (hanya berdasarkan pertumbuhan mata yang menonjol dan keputusan dokter untuk mengangkat seluruh bola mata).Tumor mata adalah pertumbuhan jaringan yang berlebihan pada mata. Biasanya diderita oleh orang yang sudah lanjut usia. Pertumbuhan cenderung lambat dan menahun. Gejala yang timbul disesuaikan dengan asal muasal tumor, sebab terdapat macam-macam tumor/ kanker mata (melanoma, retinoblastoma, dll). Demikian pula dengan penanganan, bergantung dengan jenis tumor/ kanker yang dialami. Ada yang bisa ditangani dengan laser, cryosurgery, operasi pengangkatan bola mata, hingga radioterapi. Kami sarankan Anda mengunjungi lebih lanjut dokter spesialis mata Anda, sebab kami tidak dapat menentukan diagnosisnya secara pasti tanpa melihat kelainannya secara langsung.

Adapun mengenai glaukoma, berikut kami berikan penjelasan.

Glaukoma Adalah suatu kelainan pada mata yang ditandai oleh meningkatnya tekanan dalam bola mata (Tekanan Intra Okular = TIO) yang disertai pencekungan diskus optikus dan pengecilan lapang pandang. Penyakit ini disebabkan:

  • Bertambahnya produksi humor akueus (cairan mata) oleh badan siliar
  • Berkurangnya pengeluaran humor akueus (cairan mata) di daerah sudut bilik mata atau di celah pupil.

Terdapat beberapa pembagian glaukoma antara lain :

  1. glaukoma sudut terbuka (glaukoma kronis)
  2. glaukoma sudut tertutup (glaukoma akut)

Glaukoma yang Datang tiba-tiba merupakan tipe glaukoma akut. Keluhan yang ada antara lain :

  • penglihatan kabur  mendadak
  • nyeri hebat
  • mual
  • muntah
  • melihat halo (pelangi disekitar objek)

Glaukoma terdiri dari 2 jenis; primer (sudut terbuka dan sudut tertutup) dan sekunder. Glaukoma sekunder terjadi karena kondisi lain seperti katarak, diabetes, trauma, arthritis, atau operasi mata sebelumnya. Karena didasari oleh kondisi lain, maka penanganan glaukoma sekunder selain dengan menurunkan tekanan bola mata agar tidak terjadi kerusakan syaraf lebih lanjut, penting sekali untuk menangani kondisi yang mendasari tersebut. Tindakan yang dapat dilakukan untuk menurunkan tekanan bola mata adalah dengan obat tetes mata, laser maupun operasi. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar