Sukses

Telinga Gatal dan Banyak Kotoran Telinga

28 Apr 2015, 18:34 WIB
Pria, 58 tahun.

Mengapa telinga saya suka gatal.dan banyak tai telinga yang basah cara mengatasinya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Telinga yang gatal dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti alergi (ekzema, dermatitis seborhoic, atau psoriasis), infeksi jamur ataupun bakteri, adanya gigitan binatang atau ada gigitan kutu, lalu oleh karena adanya serumen (kotoran telinga) ataupun kurangnya cairan telingga sehingga kering.  

Penyebab paling sering keluhan telinga gatal adalah kotoran yang menyumbat atau serpihan kotoran dalam telinga. Terkadang letaknya lebih dalam dan tidak terjangkau oleh pembersih telinga biasa. Untuk itu, memang sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan telinga dengan alat khusus. Dengan demikian dapat diketahui apakah ada kotoran yang menyumbat di bagian dalam telinga atau tidak. Kemudian pembersihannya juga memerlukan alat khusus untuk bisa menarik kotoran yang letaknya di telinga  bagian dalam. 

Manusia selalu berusaha untuk menjaga kebersihan tubuhnya, termasuk membersihkan telinga dari kotoran telinga. Banyak orang merasa telinganya seringkali kotor dengan adanya produk kental berwarnya kekuningan yang melekat pada liang telinga mereka sehingga mereka terbiasa untuk membersihkannya setiap hari. 

Kotoran telinga sebenarnya bukanlah hasil dari kumpulan bakteri dan debu yang menumpuk di liang telinga, seperti kepercayaan banyak orang selama ini. Kotoran telinga atau yang dalam dunia kedokteran lebih dikenal sebagai serumen merupakan produk yang dihasilkan oleh kelenjar di liang telinga yang akan melapisi kulit liang telinga serta melindungi telinga dari kerusakan dan infeksi. Karena sifatnya yang kental dan lengket, maka serumen mampu menangkap debu dan bakteri serta mencegahnya masuk ke bagian telinga yang lebih dalam. Serumen terdiri dari asam lemak tersaturasi dan keasamannya mampu melawan bakteri yang masuk. Disamping itu, lapisan yang menyerupai lilin ini juga akan menjaga kulit liang telinga agar tetap terlumasi dengan baik sehingga mencegah kulit liang telinga menjadi kering dan mengurangi rasa gatal.

Pada keadaan normal, liang telinga memiliki mekanisme untuk membersihkan dirinya sendiri. Secara alami serumen yang terdapat di dalam liang telinga akan berjalan menuju ke bagian luar dari telinga, proses ini dibantu oleh gerakan rahang saat kita mengunyah dan berbicara. Saat serumen telah mencapai area yang dapat dilihat, bersihkanlah dengan menggunakan handuk hangat. Hindarilah penggunaan kapas pembersih telinga (cutton bud), terutama yang bersifat kasar, karena dapat menyebabkan kulit liang telinga terluka dan menimbulkan infeksi bahkan ketulian.

Keluarnya cairan dari telinga yang berbau disertai rasa gatal dapat diakibatkan adanya iritasi atau infeksi dalam telinga, biasanya akan diawali dengan gejala demam tinggi atau rasa tidak nyaman selama beberapa hari karena kupingnya yang terasa sakit. Infeksi dapat hanya berada di liang telinga atau infeksi dapat terjadi akibat adanya gangguan di bagian telinga tengah (gendang telinga).

Pecahnya gendang telinga juga seringkali menimbulkan keluhan berupa keluarnya cairan berwarna kuning keputihan dengan sedikit darah dari telinga. Bagaimana dengan yang dialami oleh teman Anda? Infeksi atau sumbatan pada telinga juga dapat menimbulkan keluhan lain seperti suara berdengung, "berdebar-debar", berdenging, dan sebagainya. 

Untuk memastikannya, diperlukan wawancara lebih lanjut dan diperlukan pemeriksaan secara langsung terhadap telinga teman Anda. Karena itu, Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis THT segera untuk segera diketahui penyebabnya dan mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai penyebabnya. Sementara itu yang dapat teman Anda lakukan adalah hindari memasukkan benda asing atau membersihkan telinga sendiri.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar