Sukses

Gigi Anak Lepas karena Terjatuh

25 Dec 2014, 18:06 WIB
Pria, 23 tahun.

Assalamu'alaikum dok, selamat sore . Saya ingin berkonsultasi seputar dental.. Saya memiliki keponakan perempuan , usianya 14bulan. gigi nya sudah 6 dok, gigj seri atas dan gigi seri bawah lalu disebelah gigi seri kanan dan disebelah gigi seri kiri pun masing-masing sudah Satu. Dok, kemarin keponakan saya terpeleset dan jatuh dari lantai .. Hingga gigi nya copot tapi bukan patah. Giginya bagus dok tdk karias atau kerpos, Tapi giginya copot sampai ke akar nya,dan panjang gigi yang copot ialah 2cm, Lumayan panjang dok. Keponakan saya pun tidak merasa kan sakit atau menangis ketika giginya copot , ia hanya kaget karena jatuh saja. Selebihnya ia tdk merasa sakit apapun , makan juga lancar .. Sempat pendarahan ketika giginya copot namun tidak begitu banyak. Dok, apakah berbahaya bagi keponakan saya apabila gigi susu nya sudah copot sebelum masa tanggal? Dan apa bisa tumbuh kembali? Kalau bisa tumbuh kembali gigi permanen, kira2 berapa lama hitungan setelah gigi susu nya copot sebelum masa tanggal? Cukup itu saja dok pertanyaannya. Terimakasih, Wassalamu'alaikum ..

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya turut prihatin atas kondisi yang keponakan Anda alami dan memahami kekhawatian Anda. Sebelumnya Saya akan memberikan informasi tentang pertumbuhan gigi susu pada anak usia 14 bulan yaitu, secara teori akan mempunyai 4 gigi pada rahang atas yaitu 2 gigi seri sentral dan 2 gigi seri lateral, dan pada rahang bawah juga terdapat 4 gigi yang sama atau bisa juga didapati anak yang sudah tumbuh gigi geraham 1 susunya. 

Dalam paparan yang Anda berikan, Anda tidak menjelaskan gigi mana yang mengalami lepas tersebut, apakah gigi atas atau gigi bawah. Perlu Anda ketahui bahwa pada masing-masing gigi mempunyai waktu pergantian dengan gigi tetap yang berbeda dan ketika gigi susu lepas sebelum waktunya maka gigi tetap tidak akan muncul sebelum waktunya atau dengan kata lain gigi tetap akan tumbuh dalam rongga mulut sesuai dengan waktu erupsinya walaupun gigi susu yang harus digantikan sudah tidak ada

Berikut adalah waktu pertumbuhan/pertumbuhan gigi tetap yang terkait pertanyaan Anda. Gigi seri sentral tetap atas (I1) akan tumbuh pada usia 7-8 tahun, gigi seri lateral (I2) pada usia 8-9 tahun, pada gigi seri sentral (i1) bawah akan tumbuh pada usia 6-7 tahun dan gigi sebelahnya yaitu gigi seri lateral (I2) 7-8 tahun.

Gigi susu mempunyai fungsi yang vital bagi pertumbuhan gigi tetap dimana gigi susu ini sebagai penunjuk bagi gigi tetap untuk tumbuh kedalam rongga mulut dan mempertahankan ruangan bagi gigi tetap. Selain itu gigi susu juga berfungsi dalam proses pencernaan sebagai alat pengunyahan dan juga fungsi bicara. 

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar