Sukses

Melindungi Kulit Dari Sinar Matahari

15 Feb 2015, 14:07 WIB
Pria, 22 tahun.

sejak dua tahun terakhir saya bekerja sebagai petugas wahana di salah satu theme park di indonesia..delapan jam full saya bekerja dilapangan panas kepanasan hujan kehujanan kulit saya tidak sehat dok bagaimana cara merawat kulit dibawah paparan sinar matahari dalam jangka waktu panjang trimakasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sinar matahari merupakan sumber radiasi ultraviolet yang bisa merusak sel-sel tubuh. Pemaparan berlebihan dalam waktu singkat menyebabkan luka bakar karena matahari. Pemaparan jangka panjang menyebabkan penebalan lapisan kulit paling atas dan peningkatan pembentukan pigmen oleh sel-sel penghasil pigmen. Pigmen (melanin) merupakan zat pelindung alami yang menyerap energi dari sinar ultraviolet dan mencegah masuknya sinar ke jaringan yang lebih dalam.

Sinar ultraviolet, meskipun tidak dapat dilihat oleh mata manusia, merupakan bagian dari sinar matahari yang sangat berpengaruh pada kulit. Sinar UV dikelompokkan ke dalam 3 jenis, ultraviolet A (UVA), ultraviolet B (UVB), dan ultraviolet C (UVC), tergantung pada panjang gelombang.

Sinar UV dalam jumlah kecil bermanfaat karena membantu tubuh menghasilkan Vitamin D. Meskipun begitu, sinar UV dalam jumlah bersar merusak asam deoxyribonucleid (DNA-bahan genetik tubuh) dan merubah jumlah dan jenis kimia yang membuat sel kulit. Perubahan ini bertanggungjawab untuk mempengaruhi kerusakan pada sinar UV, termasuk pembakaran, penuaan kulit premature, berkerut, dan kanker kulit. Meskipun UVA menembus ke dalam kulit, UVB bertanggung jawab lebih untuk memperngaruhi kerusakan sinar UV.

 

Untuk melindungi tubuh dari paparan sinar UV berlebihan, Anda dapat menerapkan cara berikut:

  • hindari paparan sinar matahari secara langsung, gunakan baju panjang, topi, dan kaca mata jika perlu. Paparan matahari paling terang adalah antara jam 10.00 - 16.00.
  • gunakan pelembab
  • gunakan sunscreen yang mengandung SPF 30 atau lebih, ulangi pemakaian setiap 2 jam

Amankah menggunakan tabir surya setiap hari? Iya, produk tabir surya yang sudah melalui BPOM tentu aman untuk digunakan. Selain mencegah iritasi, tabir surya juga dapat mencegah kanker kulit dan penuaan dini.

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang dapat bermanfaat untuk Anda:

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter 

0 Komentar

Belum ada komentar