Sukses

Hasil Pemeriksaan TORCH dan Ingin Hamil

14 Apr 2015, 20:37 WIB
Pria, 20 tahun.

Saya ingin konsultasi mengenai kesehatan seputar kebidanan / pre kehamilan saya. Saya baru aja menikah pada Des 2013 lalu. Setelah beberapa bulan menikah, saya mulai hamil dan sudah saya cek ke bidan dan dokter. Selama kehamilan, saya sempat "flek". Dan ketika saya periksa ke dokter kandungan (di USG), ternyata usia kandungan saya tidak sinkron dengan ukuran janin. Kemudian oleh dokter di beri Suplemen penguat hormon. Tetapi setelah beberapa hari kemudian, saya keguguran (sekitar bulan Mei 2014. Usia kandungan sekitar 1,5 bulan. Setelah di treatment (kuret), saya jeda dulu untuk hamil selama 3 bulan atas saran dari dokter, dengan cara KB alami. Saya & suami mengira keguguran kemarin karena ada masalah di masa lalu saya (dari kecil hingga remaja suka dengan kucing), sehingga ada virus Toxxo, dsb . Setelah saya pikir cukup untuk masa Jeda kehamilan, saya berinisiatif melakukan test Torch (Toxoplasma di RS dr. Sardjito-Jogja) minggu yg lalu. Hasil dari Lab : 1. IgM Anti Toxoplasma Hasil 0,06 IU/mL (keterangan negatif) Nilai Rujukan <0,55 2. IgG Anti Toxoplasma Hasil 0 IU/mL (keterangan negatif) Nilai Rujukan <4 3. IgM Anti Rubella Hasil 0,14 IU/mL (keterangan negatif) Nilai Rujukan <0,80 4. IgG Anti Rubella Hasil 182 IU/mL (keterangan positiff) Nilai Rujukan <10 5. IgM Anti CMV Hasil 0,10 IU/mL (keterangan negatif) Nilai Rujukan <0,70 6. IgG Anti CMV Hasil <4 AU/mL Nilai Rujukan <4,00 7. IgM Anti HSV2 Hasil 0,733) Nilai Rujukan <0,8 8. IgG Anti HSV2 Hasil 4,433 Nilai Rujukan <0,8 Menurut analisa dokter, bagaimana kondisi saya ? Apa yang harus saya laukan ? Bisakah saya Hamil & mengandung dengan aman ? Apa resikonya terhadap janin dan bayinya ? Mohon saran dari dokter. Thanks. Sri Mardiyati HP : 081 3313 8886 email : yanti.8886@gmail.com

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Hasil pemeriksaan tersebut menunjukkan bahwa tidak adanya infeksi baru terhadap toxoplasma, sitomegalovirus dan Rubella.

  • IgG  Rubella dan Anti HSV2 positif, menunjukkan bahwa ada infeksi yang lampau dan sudah tidak aktif lagi dan Anda sudah memiliki kekebalan terhadap virus ini. 

Jika tidak ada infeksi aktif  dan tidak ada masalah lain pada kesehatan Anda maka seharusnya tidak ada masalah untuk hamil. Anda dapat mengkonsultasikan hasil pemeriksaan Anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. 

Dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Perlu juga diperhatikan: 

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)

  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas

  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar