Sukses

Mengatasi Sakit Kepala

25 Dec 2014, 22:59 WIB
Pria, 35 tahun.

mengatasi sakit kepala yang sangat tiap hari

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami perlu mengetahui beberapa informasi terkait, seperti apa keluhan nyeri kepala yang Anda rasakan, apakah nyeri kepala di seluruh bagian kepala atau sebelah? Nyeri seperti diikat atau berdenyut? Adakah gejala lain seperti kesemutan/baal, kelemahan sisi tubuh, gangguan penglihatan, penurunan berat badan? Bagaimana intensitas nyeri Anda, apakah sama atau semakin lama semakin berat? Apakah saat gejala muncul Anda melihat lingkungan sekitar seperti bergoyang?

Sakit kepala pada umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh kelelahan, kurang tidur, dan sebagainya. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dan lain-lain. Sakit kepala yang disebabkan oleh tumor otak biasanya memiliki ciri sakit kepala yang semakin lama semakin berat intensitasnya dibandingkan sakit kepala sebelumnya, biasanya juga disertai dengan gangguan neurologis (saraf), misalnya gangguan penglihatan, kelemahan tubuh sesisi, dll. 

Untuk memastikan diagnosis keluhan Anda dan menentukan pengobatan yang tepat, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis syaraf untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh serta pemeriksaan penunjang seperti ct scan atau MRI bila diperlukan. Karena seyogyanya untuk mendiagnosis dibutuhkan pemeriksaan fisik sehingga sulit bagi kami untuk mendiagnosis keluhan Anda. Terapi atau obat yang digunakan juga berbeda sesuai jenis sakit kepala yang Anda alami.

Berikut kami lampirkan artikel yang mungkin bermanfaat untuk Anda:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar