Sukses

Flu Sering Kambuh

28 Apr 2015, 20:02 WIB
Pria, 17 tahun.

Pagi Dok. Sudah sebulan ini sy mengalami flu yang setelah sembuh kambuh lagi. Akhirnya sy melakukan ronsen di rumah sakit paru dan hasilnya normal. Kata dokter disana produksi dahak di tubuh sy berlebih shg dokter memberikan obat : ambroxol, cefadroxil, ceritizin, antasida( produksi asam lambung sy berlebih). Setelah saya konsumsi sampai hbs, flu kambuh lagi dgn gejala yg sama dgn sebelum di periksa yaitu; 1. Tenggorokan kering, gatal, dan sakit buat nelan 2. Batuk kadang kering kadang berdahak warna putih 3. Hidung gatal, risih, tapi tdk pilek 4. Badan meriang, suhu tubuh naik 5. Mulut terasa gatal dan sering bersin 6. Di paru2 terasa ada dahak. Selama mengkonsumsi obat sy sm sekali tidak minum es dan istirahat cukup. Oh ya setelah sikat gigi tenggorokan dan mulut saya terasa sakit dan kering. Kira-kira apa penyebabnya dari uraian di atas?, dan bagaimana solusinya?. Atas bantuan Dokter sy mengucapkan terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Penyebab flu  bermacam-macam, sayang sekali informasi yang anda utarakan belum cukup untuk mengarahkan kami kepada penyebab keluhan anda tersebut. Apakah selama ini anda mengamati ada faktor pemicu timbulnya flu tersebut?

Flu yang timbul sering terutama bila terkena debu atau bersin-bersin sehabis bangun tidur, kemungkinan berupa rhinitis alergi. Hal ini merupakan reaksi alergi yang timbul karena faktor pencetus. Umumnya faktor pencetus adalah berupa suhu yang dingin di malam atau dini hari atau debu di sekitar tempat tidur. Selain flu yang disebabkan oleh alergi, dapat pula disebabkan oleh serangan infeksi virus yang sering dikenal dengan common cold. 

Pencegahan flu dapat dilakukan dengan beristirahat cukup (tidur 7-8 jam sehari), banyak minum, makan makanan dengan nutrisi cukup dan minum vitamin seperti vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Saat sedang sakit, batasi jenis makanan yang dapat merangsang batuk seperti es dan makanan goreng-goreng. peningkatan vitalitas tubuh juga dapat dilakukan untuk pencegahan sakit karena virus mudah menyerang apabila kondisi tubuh sedang turun.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar