Sukses

Ginekomastia

30 Dec 2014, 20:33 WIB
Pria, 19 tahun.

Selamat malam dok disini saya merasakan bahwa kalau saya itu mengalami gynecomastia pada bagian kanan saja. dari artikel yang saya baca penyakit ini dapat hilang dengan sendirinya yah apa betul itu? namun seiring waktu saya lihat tidak ada pengecilan atau hilang. berapa lama proses hilang dengan sendirinya itu ya dok? adakah cara lain selain menunggu hilang sendiri penyakit ini, dan kedokter spesialis apakah saya harus berobat? Terimakasih

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pembesaran payudara pada pria (ginekomastia) bisa disebabkan oleh beberapa hal:

1. proses normal: terjadi pada anak baru lahir, masa pubertas, penuaan, atau obese (kelebihan berat badan)

2. proses tidak normal: masalah gangguan hormon, gangguan hati, gangguan ginjal, atau penggunaan obat-obatan seperti steroid, spironolakton, ataupun alkohol.

Untuk itulah, agar dapat menangani ginekomastia dengan baik maka perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan oleh dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui apakah disebabkan karena proses normal atau tidak normal. Dan jika disebabkan oleh proses tidak normal, juga perlu ditelusuri lebih jauh penyebabnya. Penanganannya akan disesuaikan dengan penyebabnya. Apakah sudah mengunjungi dokter?


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 


Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar