Sukses

Efek Samping KB Hormonal

24 Dec 2014, 15:45 WIB
Wanita, 22 tahun.

dok sya wanita usia 22 bulan jnuari lalu sya mlahirkan ank pertama,april sya mulai minum pil kb,smpai bulan september tapi,agustus sya cuma ada flek d clana dan sptember nya sya tdak haid, lalu november sya ikut kb suntik 3bulan , novmber akhr sya cuma ada flek d clana itu hmpir 2mnggu , dan skrng juga ada lg flek dclana,, bagaimana ya dok agar haid sya bda kmbali normal lagi,mkasih

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Perlu diketahui bahwa seluruh metode kontrasepsi yang bersifat hormonal, baik itu suntik, pil, spiral maupun susuk, dapat merubah regulasi hormon di dalam tubuh wanita dan menyebabkan gangguan menstruasi. Biasanya, kondisi perubahan hormon ini diawali dengan perdarahan tidak teratur, terutama pada 3 bulan awal penggunaan alat kontrasepsi. Keluhan seperti flek, menstruasi sedikit atau bahkan tidak menstruasi sama sekali disebabkan karena menipisnya lapisan lendir rahim.

Keseimbangan hormon Anda secara perlahan akan kembali ke titik normal apabila penggunaan kontrasepsi hormonal dihentikan. Biasanya dalam kurun waktu 5 hingga 7 bulan siklus menstruasi akan kembali reguler dan normal dalam hal frekuensi, jumlah maupun siklus.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar