Sukses

Kista Endometriosis Harus Operasi?

23 Jun 2015, 23:20 WIB
Wanita, 46 tahun.

Dari hasil USG Saya didiagnosa menderita kista endometrium/kista coklat sebesar 12 cm dan harus dioperasi. Ada yang menyarankan tidak perlu operasi tapi cukup minum obat/herbal atau dipijat refleksi. Apa yang sebaiknya saya lakukan dan apa usaha saya agar kista tidak kambuh lagi selapas operasi? Benarkah pemakaian IUD spiral memicu timbulnua kista?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Terapi endometriosis untuk tiap orang berbeda-beda,Terapinya tergantung pada keparahan penyakit dan kebutuhan pasien. Anda bersama dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang menangani anda dapat mendiskusikan pilihan terapi yang paling baik, jika memang kista tersebut muncul kembali. Jika diagnosis dapat dilakukan secara cepat, saat kista masih berukuran kecil, mungkin tidak perlu dilakukan laparaskopi, hanya perlu dilakukan terapi hormonal. Sedangkan jika menunggu tanpa dilakukan terapi apapun, bisa saja kista tersebut semakin membesar dan pada akhirnya harus dilakukan operasi juga untuk mengangkat indung telur

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar