Sukses

Jerawat di Kemaluan

24 Dec 2014, 16:15 WIB
Wanita, 37 tahun.

Selamat sore dokter, Saya mau tanya, didaerah bibir kemaluan saya tumbuh seperti jerawat. Sebelumnya juga sudah pernah ada, saya coba pencet tapi sakit sekali, lalu saya biarkan. Lama sekali setelah (mungkin setahun atau lebih) itu saya coba pencet lagi dan keluar isinya, sebesar wijen tapi bulat, warnanya hitam texturnya keras seperti lemak yang sudah membatu. Sekarang ada lagi. Pertayaan saya apakah itu semacam jerawat di vagina? apakah berbahaya? Bagaimana cara mengobatinya karena saya takut kalau bertambah banyak. Tambahan informasi bahwa jerawat ini tidak gatal atau bau, tapi buat saya cukup mengganggu. Terima kasih sebelumnya dokter.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Sejak kapan keluhan dirasakan? Bagaimana karakteristik dari jerawat tersebut, dari segi jumlah, ukuran, warna, lokasi? Adakah rasa nyeri? Apakah ada demam? Adakah keputihan? Apakah Anda pernah melakukan hubungan seksual?

Daerah bibir luar vagina termasuk daerah yang memiliki kelenjar sebasea. Daerah kemaluan adalah daerah yang cukup lembab karena lokasinya dan selalu tertutup celana dalam. Maka dari itu, kelenjar sebasea ditambah daerahnya yang lembab membuat kulit daerah tersebut menjadi lebih mudah terinfeksi. Sangat mungkin bahwa jerawat tersebut berasal dari kelenjar sebasea yang sedang aktif. Namun dibutuhkan informasi lebih jauh mengenai ukuran, bentuk, warna, rasa nyeri, lokasi tepat dll. Kelenjar lain yang terdapat adalah kelenjar bartholin dan skene. Kelainan kulit dan kelamin memang memerlukan pemeriksaan langsung. untuk diagnosis pasti, periksakan segera ke dokter spesialis kulit dan kelamin, karena tanpa pemeriksaan fisik secara langsung dan penunjang yang memadai, sebuah diagnosa sulit untuk disimpulkan.

Berikut adalah artikel yang berkaitan dengan keluhan Anda:

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar