Sukses

Di Anus Anak Ada Cacing Putih Kecil-kecil

30 Dec 2014, 09:15 WIB
Pria, 24 tahun.

Siang dok, saya mau tanya, saya punya anak umur 1.5th di anusnya itu ada kaya cacing putih kecil2, apa itu tanda klo anak saya cacingan dok, dan apa obat untuk anak yang umurnya dibaha 2th soalnya saya cari diapotik rata2 untuk 2 th keatas..mohon pencerahanya terimaksih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Kami menduga apa yang dialami anak Anda adalah Penyakit enterobiasis (oksiuriasis) yang lebih dikenal dengan penyakit cacing kremi, merupakan suatu penyakit yang sangat sering ditemukan terutama pada anak-anak. Infeksi ini dapat terjadi akibat tertelannya telur cacing enterobius vermicularis (oxyuris vermicularis).

Setelah telur cacing tertelan, larvanya akan menetas di usus duabelas jari (duodenum) dan tumbuh menjadi bentuk dewasa di usus besar. Cacing betina yang hamil (dapat mengandung 11.000-15.000 telur) akan berpindah ke daerah sekitar anus (perianal) untuk mengeluarkan telur-telurnya disekitar anus.

Proses berpindahnya cacing ini akan menimbulkan sensasi gatal pada daerah sekitar anus penderita. Keadaan ini sering terjadi pada waktu malam hari sehingga penderita sering terganggu tidurnya dan menjadi lemah. Selain gatal-gatal, gejala lain yang dapat dirasakan oleh penderita infeksi cacing kremi adalah:

  1. Kurang nafsu makan
  2. Berat badan menurun
  3. Aktivitas meningkat
  4. Sering mengompol
  5. Cepat marah
  6. Sulit tidur
  7. dll

Penularan cacing kremi dapat terjadi pada satu keluarga atau kelompok-kelompok yang hidup di lingkungan yang sama, seperti asrama, rumah piatu, dll. Proses penularannya dapat terjadi melalui :

  1. Penularan dari tangan ke mulut sesudah menggaruk darerah sekitar anus
  2. Penularan dari tangan dapat menyebarkan telur kepada orang lain karena memegang benda-benda lain yang terkontaminasi telur cacing ini
  3. Telur cacing dapat ditemukan di debu ruangan sekolah, asrama, kavetaria, dan lainnya. Telur cacing di debu ini akan mudah diterbangkan oleh angin dan dapat tertelan
  4. Telur yang telah menetas di sekitar anus dapat berjalan kembali ke usus besar melalui anus. 

Menjaga kebersihan perorangan berperan penting untuk pencegahan penyakit ini, antara lain dengan :

  1. Kuku hendaknya selalu dipotong pendek
  2. Tangan hendaknya selalu dicuci sebelum makan
  3. Makanan sebaiknya dihindarkan dari debu dan tangan yang mengandung parasit
  4. Pakaian dan alas kasur hendaknya dicuci bersih dan diganti setiap hari.

Jika salah satu anggota keluarga terinfeksi cacing kremi, sebaiknya pengobatan diberikan kepada seluruh keluarga, agar penyebaran cacing ini dapat dihentikan secara menyeluruh. Untuk mendapatkan obat dan dosis yang tepat sebaiknya Anda memeriksakan Anak Anda kepada dokter terdekat agar menghindari terjadi kesalahan penggunaan obat dan dosis.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

1 Komentar

  • Adi******Aulia

    dok.. anak saya umur 4 tahun setengah.. saya kaget saat dia menangis kesakitan pda anus nya.. pas saya lihat begitu banyak cacing kremi kecil kecil berwarna putih yg keluar dri lubang anus nya saya hawatir dok..