Sukses

Menggugurkan kandungan

23 Jun 2015, 23:27 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok teman saya hamil 2 bulan,, tp dia ingin memggugurkan kandungan nya dgn meminum citotex atau pun dgn gastrul.. Pertanyaan sya apakah efek samping dak akibat yg akan di derita teman saya ? Trims

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Menurut hukum di Indonesia, aborsi buatan/sengaja adalah tindakan yang bertentangan dengan hukum dan dapat dikenakan hukuman.  Baik pelaksana (dokter atau tenaga medis lain) maupun orang tua yang melanggar dapat dikenakan tindak hukum pidana. Selain itu, selain bertentangan dengan agama, dokter juga mengucapkan sumpah kedokteran untuk menghargai kehidupan sejak terjadi pembuahan. 

Untuk menggugurkan kandungan harus ada alasan medis yang tepat, alasan tersebut meliputi: ada cacat janin yang tidak dapat disembuhkan dan mengancam nyawa janin, ibu memiliki penyakit dan kondisi kesehatannya terancam dengan kandungan yang dialaminya. Perlu juga diketahui risiko dari pengguguran kandungan. Ada beberapa efek juga yang dapat muncul dari pengguguran kandungan yang salah seperti kelainan pada organ kelamin wanita, lalu dapat juga terjadi gangguan psikis pada sang Ibu.

Pertahankanlah kehamilan pasangan Anda. Kehamilan merupakan suatu anugrah. Diskusikanlah dengan pasangan dan keluarga Anda mengenai hal ini. Pasti Anda akan mendapatkan dukungan dalam merawat anak yang akan dilahirkan, baik dari segi finansial maupun moral.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar