Sukses

Nyeri perut bawah dan pinggang

23 Jun 2015, 22:51 WIB
Wanita, 21 tahun.

HIDRONEFROSIS atau ISK infeksi saluran kemih Sy sudah 1 bulan 2mnggu sakit pinggang, 1 bulan sih sakitnya biasa tp sudah masuk 2 minggu terakhir ini sakitny luar biasa, kadang bisa sampai pingsan dan panas suhu bdan Sy sdah berobat diksh obt nyeri dan antibiotik tp ttp masih sakit jika saya duduk karna sy krja duduk DAn sy jg sdah rontgen sama cek darah tp hasilny bagus dokter bilang tinggal cek urine takutnya ada masalah di kantung kemih cek urine blm dikarnakan sy sedang haid pda saat rontgen dan darah kemarin. Sy baca di interner sy mngira jika sy trkena ISK tp jika kena tu knp sy pd saat kencing tdk sakit tdk merasa panas, tp cma sakit bguan perut bawah kanan kiri dan pinggang jg sakit. Tntg penykit satu lg HIDRONEFROSIS tu hampir mirip gejala ny skit di pinggang dan kadang demam suka mual jg... apakah ISK dan hidronefrosis hampir sma penyakutnya?? Lalu jika sy sudah tes urin hsilny bnr terkena slh satu pnyakit itu, adakah penanganan khusus?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sulit untuk memastikan penyebab nyeri perut bawah dan nyeri pinggang yang ibu Anda alami tanpa melakukan pemeriksaan langsung. 

Begitu banyak penyebab yang dapat menimbulkan keluhan nyeri perut bawah. Posisi perut bagian bawah terdiri dari kulit, otot, jaringan lemak dan penunjang, usus besar ataupun organ perkemihan. Salah satu gangguan dari organ diatas dapat menyebabkan keluhan nyeri perut bawah.

Namun, penyakit ini baru dapat didiagnosis melalui pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang (X-ray tanpa kontras atau dengan kontras).

Sedangkan sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, saraf, tulang belakang). Bila menyebar hingga kaki dapat disebabkan oleh terjepitnya saraf. Nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh nyeri alih, misal pada batu ginjal atau dismenorea. Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba,  yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke  daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus

Mengingat keterbatasan kami dalam melakukan pemeriksaan fisik, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar