Sukses

Dada kiri Sering Berdebar-Debar

01 Apr 2015, 21:20 WIB
Pria, 33 tahun.

Salam dok, setelah saya mengalamai DBD beberapa waktu yg lalu, dan telah di tangani oleh rumah sakit dan dinyatakan sehat, beberapa hari yang lalu saya mengalami demam lagi setelah sembuh demam, saya mengalami dada sebelah kiri saya sering berdebar-debar kencang sehngga pernah pada suatu malam saya sulit tidur, karena terlalau berdebar seperti seperti sesak saya, namun kondisi ini hanya terjadi ketika saya sedang istirhat saja (duduk dan berbaring) kalo dalam kondisi bergerak dan berkerja saya tidak begitu merasakan berdebar-debar jantung saya. mohon penjelasan dan sarannya dok. terima kasih Taufiq di Medan

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Saat berdebar apakah ada keluhan lain seperti banyak berkeringat, merasa panik/khawatir/takut/ stres? Bagaimana dengan aktivitas Anda? Bagaimana dengan kebiasaan makan Anda?

Jantung berdebar memang dapat merupakan pertanda adanya masalah pada jantung. Namun selain itu, jantung berdebar juga dapat disebabkan oleh hal lain:

  1. Adanya serangan panik, rasa khawatir, takut, stres.

  2. Latihan fisik yang terlalu berat.

  3. Konsumsi kafein (kopi), nikotin (rokok), alkohol, obat flu.

  4. Penyakit tiroid, kadar gula darah yang rendah, kurang darah (anemia), tekanan darah rendah, demam atau dehidrasi (kekurangan cairan)

  5. Perubahan hormon seperti selama menstruasi, kehamilan.

  6. Obat-obat pelangsing, asma.

  7. Suplemen herbal dan nutrisi tertentu.

  8. Kadar elektrolit dalam darah yang tidak seimbang/normal.

  9. Makanan tinggi karbohidrat, tinggi gula, tinggi lemak, tinggi  garam dan tinggi MSG.

Adakah salah satu dari penyebab di atas yang terjadi pada Anda? Jika keluhan Anda telah terjadi dalam waktu yang lama, rutin dan mengganggu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter. Dokter akan melakukan wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan lengkap seperti pemeriksaan denyut nadi dan pemeriksaan bunyi jantung. Dokter juga biasanya akan melakukan pemeriksaan seperti rekam jantung. Pada dasarnya kelainan jantung tidak lazim ditemukan pada usia muda. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar