Sukses

Neuropati Pada Penderita DM

23 Jun 2015, 22:30 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok saya mau nanya kalau orang sudah lama menderita dm selalu mengalami nyeri neuropati atau tidak ?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Rasa kebas, baal, atau terasa padas pada kaki atau tungkai merupakan gejala salah satu komplikasi diabetes yaitu neuropati diabetes. Keluhan ini disebabkan adanya kerusakan pada sistem saraf perifer karena kadar gula darah yang tidak terkendali. Dalam mencegah atau memperlambat perjalanan kerusakan sistem saraf perifer tersebut, yang terutama perlu dilakukan adalah pengendalian kadar gula darah yang ketat. 

Pengendalian kadar gula darah dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat secara teratur sesuai dengan petunjuk dokter, serta memodifikasi gaya hidup dalam hal makanan dan aktivitas fisik. Jika kadar gula darah terkendali, biasanya keluhan pada kaki pun berkurang. Selain itu, perlu juga dilakukan perawatan kaki diabetes. Kondisi kaki yang baal membuatnya lebih rentan terhadap luka dan infeksi.

Jadi walaupun pada umumnya penderita Diabetes mengalami neuropati, namun neuropati tidak selalu ada pada penderita diabetes, terutama yang kadar gula darahnya terkontrol denagn baik.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar