Sukses

Tidak Teratur Minum Obat Hipertensi, Sebabkan Stroke

23 Jun 2015, 19:45 WIB
Pria, 39 tahun.

trims dok, saya hanya ingin tahu saja "PENDAPAT UMUM". rekan saya kena stroke karena "berhenti & makan" "berhenti & makan kembali" obat hipertensi, kadang2 anggota keluarga setelah minum obat 2 tahun, dia ingin berhenti mengkonsumsinya. apakah BOLEH MENGHENTIKAN konsumsi tersebut ??? karna saat minum obat memang tensi di 120/80. bila di stop, apakah tensi bisa mendadak naik dan stroke ? Kadang dokter memberi resep amoldiphin 5 mg, 30 butir, setelah kita mengkonsumsi obat tersebut pasti tensi normal, apakah kita harus konsultasi terus?, atau sembuh sementara (semu) ini adalah sembuh benaran ?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Salah satu penyebab stroke adalah akibat hipertensi yang tidak terkontrol. Pada saat seorang penderita hipertensi tidak mengkonsumsi obat anti hipertensi secara teratur, maka akan terjadi 'fenomena basket', dimana saat mengkonsumsi obat tekanan akan turun, tapi ketika obat dihentikan tekanan darah akan meningkat hingga melebihi tekanan darah awalnya. Jika keluhan ini terus berlanjut, maka suati ketika dapat terjadi tekanan darah yang melambung tinggi hingga penyebabkan pecahnya pembuluh darah dalam otak yang disebut dnegna stroke.

Inilah yang menjadi alasan, mengapa obat antihipertensi perlu diminum rutin setiap harinya sesuai dengan dosis yang telah ditentukan oleh dokter anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar