Sukses

Sering Kembung/masuk Angin

23 Jun 2015, 19:17 WIB
Pria, 39 tahun.

Dok kenapa ya? saya sering kembung/masuk angin kalau kena dingin kadang2 sampai muntah. ulu hati terasa panas dan ngeganjal. kerongkongan terasa tdk nyaman, kalau bekerja sedikit berat nafas sesak. pernah ke dokter di kasih obat prosogan sama plancid fortacid forte syrup. sembuh sebentar kambuh lagi

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Masuk angin sebenarnya tidak ada dalam istilah medis. 

Keluhan yang dikatakan sebagai 'masuk angin' tersebut dapat disebabkan karena beberapa hal, seperti infeksi virus, kondisi tubuh yang overexercise, maupun dispepsia atau gangguan pencernaan. Hal tersebut tergantung dari keluhan yang Anda kemukakan. Keluhan masuk angin sudah menjadi terminasi yang umum diutarakan oleh sebagian besar masyarakat kita.

Namun ternyata tidak semua orang memiliki pengertian yang sama jika mengatakan 'masuk angin'. Ada yang mengutarakan 'masuk angin' jika merasa perut kembung, mual, sering bersendawa, hingga menyebabkan muntah. Jika keluhan tersebut yang dirasakan oleh Anda, maka penjelasan medis yang dapat dipakai adalah sindrom dispepsia.

Sedangkan untuk pengobatannya sangat tergantung dengan penyebab. Awalnya, Anda dapat mengonsumsi obat anti asam lambung yang berisikan antasid untuk meredakan gejala. Namun jika menetap dan memberat, segera periksakan kepada dokter umum setempat untuk pengobatan yang lebih tepat.

Syndrome dyspepsia merupakan suatu kumpulan gejala saluran cerna terdiri dari perut kembung, terasa penuh sehingga mudah kenyang, perut perih di bagian atas (ulu hati), sering bersendawa, mual, muntah, dll. 

Berikut artikel untuk menambah informasi Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar